PBB Umumkan Amerika Serikat Resmi Keluar dari WHO 6 Juli 2021

Happy Fajrian
8 Juli 2020, 09:00
who, amerika serikat, donald trump, as keluar dari who, tiongkok, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria/foc/dj
PBB mengumumkan AS resmi keluar dari WHO pada 6 Juli 2021 seiring ketidakpuasan AS terhadap penaganan pandemi corona yang dipimpin WHO.

United Nations atau Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa Amerika Serikat (AS) resmi keluar dari keanggotaan Badan Kesehatan Dunia atau WHO pada 6 Juli 2021. Keputusan AS keluar dari WHO karena Presiden AS Donald Trump menilai organisasi tersebut telah menjadi boneka Tiongkok.

Pasalnya WHO, menurut Trump, telah mendukung Tiongkok yang tidak menyampaikan informasi terkait kondisi sesungguhnya penyebaran virus corona di masa-masa awal kemunculannya.

Adapun Trump mengumumkan keputusan tersebut sekitar satu bulan yang lalu. Namun AS harus memberikan masa tenggang satu tahun sebelum resmi keluar dan membayar seluruh iuran yang telah disepakati dalam resolusi bersama Kongres AS tahun 1948. Saat ini AS berutang lebih dari US$ 200 juta kepada WHO.

Wakil Presiden AS Mike Pence pun turut mendukung keputusan Trump untuk keluar dari WHO. “Ini saat yang sangat tepat (untuk keluar). WHO telah mengecewakan dunia, dan harus ada konsekuensinya,” ujarnya seperti dikutip Reuters, Rabu (8/7).

(Baca: Trump Akhiri Hubungan AS dengan WHO di Tengah Pandemi Corona)

Namun sebelum menyatakan keluar dari WHO, Trump telah menghentikan pendanaan AS terhadap organisasi tersebut sejak April 2020. Kemudian pada 18 Mei, Trump mengirimkan surat yang menyatakan bahwa WHO memiliki waktu 30 hari untuk melakukan reformasi.

Dua minggu berselang, Trump menyatakan AS keluar dari WHO, mengakhiri keanggotaan selama 70 yang dipicu oleh meningkatnya ketegangan dengan Tiongkok terkait pandemi corona yang pertama kali muncul di Wuhan akhir tahun lalu.

Ketua House of Representatives (DPR AS) Nancy Pelosi mengecam keputusan Trump sebagai tindakan yang tidak masuk akal di tengah upaya WHO mengkoordinasi perang melawan Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...