Jelang Transisi Blok Rokan, Chevron Bakal Mengebor 55 Sumur Migas

Happy Fajrian
17 Mei 2021, 19:44
blok rokan, alih kelola, chevron, pertamina, sumur
Katadata
Ilustrasi.

Kegiatan pengeboran di Blok Rokan terus berjalan jelang alih kelola blok ini dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kepada PT Pertamina Hulu Rokan (CPI) pada 9 Agustus 2021. Hal ini demi menjaga tingkat produksi blok migas terbesar di Indonesia ini.

Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit & Presiden Direktur CPI Albert Simanjuntak mengatakan bahwa sejak dimulai akhir Desember 2020 hingga saat ini CPI telah berhasil mengebor 55 sumur, termasuk di antaranya 11 sumur konversi.

CPI mengoperasikan enam rig pengeboran dan satu rig konversi. “Proses pengadaan rig tambahan sedang berjalan untuk memenuhi target pengeboran 192 sumur di Blok Rokan oleh CPI dan Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada tahun ini,” ujar Albert dalam keterangan tertulis, Senin (17/5).

Albert menambahkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi secara intensif dengan SKK Migas dan PHR agar program pengeboran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Menurutnya kolaborasi yang terjadi nya sangat solid karena semua pihak memiliki semangat dan komitmen yang sama.

Di sisi lain, Albert menambahkan bahwa CPI bekerja keras untuk mewujudkan proses terminasi dan transisi yang selamat, andal, dan lancar jelang alih kelola Blok Rokan kepada PHR. Kemajuan dari aspek-aspek utama terminasi dan transisi sangat signifikan dan diharapkan tuntas sebelum alih kelola nanti.

“Blok Rokan merupakan aset strategis yang penting bagi penerimaan negara dan daerah, perekonomian masyarakat, serta ketahanan energi nasional. Sehingga proses alih kelola harus berjalan lancar,” ujarnya.

Albert menjelaskan bahwa CPI telah melaksanakan aspek-aspek utama dalam proses terminasi sesuai aturan pemerintah di antaranya pelaporan aset, dan penutupan laporan proyek. Untuk proses terminasi, CPI telah melengkapi dokumen penyelesaian kontrak bagi hasil (production sharing contract/PSC) pada 25 Februari 2021.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...