Premier Oil Mulai Pengeboran Dua Sumur Eksplorasi di Blok Tuna

Image title
5 Juli 2021, 18:41
premier oil, pengeboran, sumur eksplorasi, blok tuna
KATADATA
Ilustrasi pengeboran minyak lepas pantai.

Premier Oil Tuna B.V mulai melakukan kegiatan pengeboran sumur eksplorasi Singa Laut-2 pada akhir pekan lalu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepastian cadangan migas di blok Tuna yang terletak di Perairan Natuna, berbatasan langsung dengan wilayah Vietnam.

Kegiatan ini akan diikuti oleh pengeboran sumur eksplorasi lainnya, yaitu Kuda Laut-2. Sekretaris SKK Migas Taslim Yunus mengatakan pelaksanaan pengeboran telah sesuai dengan jadwal yang direncanakan, dan telah dimulai pada hari Minggu (3/7).

"Kami memberikan apresiasi kepada Premier Oil sebagai operator wilayah kerja itu, karena tetap dapat mengawal kegiatan sesuai target, di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Semoga memberikan hasil sesuai yang kita harapkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (5/7).

Sumur Singa Laut dan Sumur Kuda Laut termasuk kegiatan pengeboran laut dalam (lebih dari 1.000 meter di bawah permukaan laut). Target pengeboran Singa Laut-2 adalah 9.566 kaki kedalaman terukur (ftMD) atau 2.915 meter.

Setelah itu, Premier Oil akan melanjutkan pengeboran sumur Eksplorasi di sumur Kuda Laut-2, dengan target kedalaman 10.452 true vertical depth subsea (TVDSS). Dari kedua sumur tersebut, diharapkan ada tambahan cadangan gas terbukti sekitar 470 bcf.

Dua kegiatan pengeboran sumur eksplorasi yang dilaksanakan oleh Premier Oil ini merupakan bagian dari 40 sumur Eksplorasi yang rencananya akan dibor pada tahun ini. Hingga akhir Juni, pengeboran sumur eksplorasi yang telah dilaksanakan sebanyak 12 sumur, belum termasuk sumur Singa Laut dan Kuda Laut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...