Borneo Indobara Beberkan Kendala DMO Batu Bara yang Berbuah Sanksi

Image title
12 Agustus 2021, 19:16
batu bara, dmo batu bara, borneo indobara
ANTARA FOTO/WAHDI SETIAWAN
Kapal tongkang pembawa batu bara melintasi aliran Sungai Batanghari di Jambi, Jumat (29/3/2019).

Anak usaha PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS), PT Borneo Indobara dapat kembali mengekspor batu bara setelah Kementerian ESDM mencabut sanksi tersebut pada 8 Agustus 2021.

Indobara sempat masuk dalam daftar 34 perusahaan yang terkena sanksi itu karena belum memenuhi kewajibannya untuk memasok batu bara untuk kebutuhan domestik atau domestic market obligations (DMO) untuk periode 1 Januari-31 Juli 2021.

Advertisement

Namun Kementerian ESDM mencabut sanksi tersebut lantaran perusahaan telah memenuhi kewajiban dan kekurangan volume pasokan batu bara sesuai kontrak penjualan kepada PLN Grup sebesar 55 ribu ton pada awal Agustus.

Sekretaris Perusahaan Golden Energy Mines, Sudin Sudirman menjelaskan bahwa pihaknya mendapat sanksi tersebut karena kendala logistik. "Ini terkait kontrak langsung dengan PLN. Beberapa waktu ada keterlambatan kapal dari PLN yang berdampak pada pemenuhan kontrak bulan Juli," ujarnya kepada Katadata.co.id, Kamis (12/8).

Dia menegaskan bahwa Indobara selalu berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan batu bara untuk PLN, bahkan lebih besar dari yang dimita negara. Pada Juni 2021, Indobara memenuhi kuota DMO hingga 37%, jauh di atas yang diwajibkan pemerintah sebesar 25%.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa kontrak penjualan batu bara ke PLN ini sebenarnya adalah kontrak tambahan di luar kewajiban DMO. Hal ini dilakukan mengingat PLN sedang kesulitan dengan pemasok batu bara lainnya.

Sudin berharap para produsen batu bara dapat menaati aturan yang berlaku, terutama dalam memenuhi komitmen pasokan untuk kepentingan dalam negeri. Di samping itu, ia juga berharap supaya aturan DMO dapat diterapkan secara konsisten oleh Kementerian ESDM dan dapat menjangkau semua perusahaan.

"Jangan ditekankan kepada perusahaan yang sudah penuhi, tapi yang belum penuhi justru dibiarkan," ujarnya. Simak kinerja ekspor batu bara Indonesia pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement