Pertamina Targetkan Produksi 161 Sumur Baru di Blok Rokan 16.000 bph

Sejak alih kelola Blok Rokan rampung pada 9 Agustus, Pertamina telah berhasil mengebor 6 sumur baru yang kini telah aktif memproduksi minyak.
Image title
25 Agustus 2021, 13:13
blok rokan, pertamina, produksi minyak, skk migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi lapangan migas.

SKK Migas menyampaikan bahwa kegiatan pengeboran 161 sumur di Blok Rokan oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR) tahun ini berpotensi menambah produksi minyak sebanyak 16 ribu barel per hari (bph).

Deputi Perencanaan SKK Migas Benny Lubiantara mengatakan sesuai dengan komitmen yang telah disepakati melalui Rencana Kerja dan Anggaran (WP&B) 2021, maka PHR akan mengebor 161 sumur, melanjutkan program yang telah dimulai oleh Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Menurut dia setiap kandidat sumur tersebut telah melalui proses evaluasi teknis secara internal di PHR dan juga SKK Migas. Untuk selanjutnya disepakati untuk menjadi rencana kerja di tahun 2021.

"Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, 161 sumur PHR yang dibor sejak Agustus 2021 diharapkan akan memberikan tambahan kontribusi produksi pada akhir tahun sekitar 16 ribu barel per hari," kata Benny kepada Katadata.co.id, Rabu (25/8).

Advertisement

SKK Migas juga menargetkan level produksi siap jual atau lifting minyak Blok Rokan tahun ini dapat mencapai 170 ribu barel per hari (bph). Angka ini lebih tinggi dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 yang sebesar 165 ribu bph.

Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin sebelumnya optimistis capai target 161 sumur dalam 4 bulan. Terlebih, persiapan pengeboran untuk meningkatkan produksi di Blok Rokan sudah dilakukan sebelum alih kelola.

"Tentu kami sangat optimis, karena dari sebelum alih kelola pun kami sudah menyediakan rig dan materialnya serta kru yang dibutuhkan agar pekerjaan ini bisa terselesaikan," kata Jaffee.

Simak capaian produksi minyak Blok Rokan pada databoks berikut:

Jaffe juga telah meninjau pekerjaan pengeboran yang dilakukan di lapangan Bangko, Rokan Hilir. Sejak alih kelola Blok Rokan rampung pada 9 Agustus lalu, hingga hari ini PHR telah berhasil mengebor 6 sumur baru di Blok Rokan.

Ditambah dengan jumlah sumur baru yang berhasil dikerjakan di masa transisi, dengan demikian sejauh ini PHR telah memiliki 10 sumur baru yang aktif.

"Ini merupakan rangkaian kunjungan kami ke beberapa daerah di mana kami akan melakukan pengeboran banyak sumur. Seperti diketahui bahwa PHR akan mengebor sebanyak 161 antara Agustus hingga Desember 2021," kata Jaffee.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait