Amerika, Jepang, Korsel Bertemu Bahas Senjata Nuklir Korea Utara

Happy Fajrian
11 September 2021, 11:20
nuklir, amerika, jepang, korea selatan, korea utara, denuklirisasi
123rf.com/Vaclav Volrab
Ilustrasi reaktor nuklir.

Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel) dan Jepang berencana mengadakan pertemuan di Tokyo pekan depan untuk membahas negosiasi denuklirisasi di Semenanjung Korea, serta tentang dugaan penculikan warga Jepang oleh Korea Utara (Korut).

Ketiga negara tengah mencari cara untuk memecahkan kebuntuan dengan Korea Utara mengenai senjata nuklir dan program rudal balistik Korut yang telah memicu sanksi internasional kepada negara yang dipimpin Kim Jong-Un itu.

“Perwakilan khusus Seoul untuk urusan perdamaian dan keamanan semenanjung Korea, Noh Kyu-duk, akan melakukan perjalanan ke Jepang pada Minggu untuk kunjungan tiga hari,” kata Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Sabtu (11/9).

Selama di sana, ia akan bertemu dengan utusan AS untuk Korut Sung Kim, dan Direktur Jenderal Biro Urusan Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri Jepang, Takehiro Funakoshi. Mereka akan membahas masalah nuklir Korut serta potensi kerja sama ketiga negara.

“Ketiga negara diharapkan untuk melakukan diskusi mendalam tentang cara-cara untuk mempromosikan kerja sama untuk mengelola situasi Semenanjung Korea secara stabil dan melanjutkan proses perdamaian semenanjung pada tanggal awal,” tulis pernyataan Kemenlu Korsel.

Sementara itu Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa Sung Kim akan melakukan perjalanan ke Tokyo dari 13-15 September dan akan membahas komitmen AS untuk denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea dan masalah warga Jepang yang diculik oleh Korut.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan akan mengeksplorasi diplomasi untuk mencapai denuklirisasi Korea Utara, tetapi tidak menunjukkan kesediaan untuk meringankan sanksi.

Selama kunjungan ke Seoul pada bulan Agustus, Sung Kim mengatakan dia siap untuk bertemu dengan pejabat Korea Utara "di mana saja, kapan saja".

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...