Harga BBM Tetap Meski Harga Minyak Naik, Bagaimana Keuangan Pertamina?

Image title
12 November 2021, 12:49
harga bbm, pertamina, harga minyak
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah di SPBU kawasan Kebon Nanas, Kota Tangerang, Banten, Minggu (17/5/2020).

Pertamina hingga kini tak kunjung menyesuaikan harga BBM. Padahal, harga minyak mentah Indonesia atau ICP pada Oktober 2021 telah naik US$ 9,60 menjadi US$ 81,80 per barel.

Pertamina sempat menyatakan bahwa kenaikan harga BBM akan memukul daya beli masyarakat. Namu semakin tingginya harga minyak akan membuat biaya produksi BBM meningkat dan pada akhirnya menekan profitabilitas perusahaan.

"Kami masih terus berkoordinasi dengan pemerintah," kata Pjs Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga-Sub Holding Commercial & Trading, Irto Ginting kepada Katadata.co.id, Jumat (12/11).

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai kenaikan harga minyak mentah akan berdampak pada sektor hilir Pertamina. Mengingat sampai saat ini mereka masih harus menanggung kerugian yang cukup signifikan untuk BBM umum jenis Pertalite dan Pertamax.

Oleh sebab itu, ia mendorong pemerintah memberikan keleluasaan bagi Pertamina untuk melakukan penyesuaian harga BBM umum. Jika pun tidak sampai ke nilai keekonomian, paling tidak dapat menyentuh 50%. "Kemarin saya mengusulkan untuk di angka Rp 1.500 per liter untuk Pertalite dan Pertamax sebagai jalan tengahnya," katanya.

Mamit khawatir jika dibiarkan maka keuangan perusahaan migas pelat merah ini akan terus tertekan. Meskipun, di sektor hulu mereka masih mendapatkan keuntungan di tengah harga minyak yang sedang bagus ini.

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi memproyeksikan hingga akhir tahun ini harga minyak dunia masih cenderung tinggi. Angkanya diperkirakan mencapai di atas US$ 80-an per barel.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...