Pertamina Ungkap Progres Proyek Kilang Balongan Fase I Capai 64,75%

Pertamina menyampaikan progres proyek Kilang Balongan mencapai 64,75% setelah berhasil memasang alat yang bernama preflash column.
Image title
23 Desember 2021, 13:52
kilang balongan, pertamina
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Foto udara kawasan Kilang RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020).

Tim Project Balongan PT Kilang Pertamina Indonesia (KPI) mengungkapkan bahwa progres pembangunan proyek pengembangan Refinery Development Master Plan (RDMP) atau Kilang Balongan Fase 1 telah mencapai 64,75%.

Hal ini setelah rampungnya pemasangan "preflash column", sebuah peralatan inti di RDMP Balongan yang berfungsi untuk memisahkan fraksi ringan (offgas dan Naphta) dari minyak mentah.

Pemasangan preflash column menjadi tonggak penting dalam proyek RDMP Balongan Fase 1, khususnya untuk menaikkan kapasitas pengolahan Kilang Balongan dari 125.000 menjadi 150.000 barel per hari (bph) guna menyokong ketahanan energi Indonesia.

General Manager Project Balongan, Nugroho mengatakan pemasangan preflash column berkontribusi terhadap progres positif RDMP Balongan Fase 1, yang pada Desember 2021 telah mencapai 64,75%. Pemasangan Preflash Column ini merupakan tahapan penting dari upgrading Unit CDU (Crude Distillation Unit) dalam kilang.

Advertisement

"Saat ini, kapasitas Unit CDU adalah 125 ribu barel per hari. Melalui proyek RDMP, kapasitas produksi diproyeksikan meningkat menjadi 150 ribu barel per hari,” kata Nugroho dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12).

Adapun pada fase ke-2, RDMP Balongan akan meningkatkan kualitas produk agar setara dengan standar Euro V yang semakin ramah lingkungan. Simak databoks berikut:

Sesuai dengan komitmen RDMP Balongan dalam meningkatkan penyerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), preflash column yang dipasang merupakan produk dalam negeri yang diproduksi BUMN PT Boma Bisma Indra.

Adapun proses pemasangan dilakukan dengan kontrol kualitas yang ketat dari aspek teknis dan keamanan. Meskipun termasuk ke dalam peralatan long lead item (LLI), atau peralatan yang umumnya membutuhkan waktu delivery sangat lama untuk proyek, preflash column buatan dalam negeri dapat dipasang tepat waktu.

Prosedur pemasangan preflash column juga dilakukan dengan perencanaan matang oleh tenaga ahli. Hal tersebut dikarenakan alat ini termasuk peralatan utama di proyek RDMP Balongan dengan dimensi panjang 33.56m, lebar 5.142m dan berat 72 ton.

"Tahapan pemasangan preflash column dengan tag 11-C-106 on track, sesuai target. Setelah tiba pada akhir November 2021, tim RDMP Balongan gerak cepat melakukan dress up dan insulation sampai tanggal 14 Desember 2021. Sehingga, pada tanggal 15 Desember 2021, Preflash Column sukses terpasang," kata Nugroho.

Guna mendukung target onstream RDMP Balongan Fase-1 pada tahun 2022, tim project Balongan PT KPI telah menyusun sejumlah milestones yang akan diselesaikan selanjutnya. "Setelah pemasangan preflash column, tim kami akan gerak cepat melakukan TA Mechanical serta Commissioning dan Start Up,” ungkap Nugroho.

Selain itu, tim project Balongan PT KPI akan meningkatkan fokus dalam mempersiapkan CSU readiness untuk mencapai system completion yang aman dan lancar.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait