SP BUMN: Mogok Pekerja Pertamina Bentuk Sabotase Kepada Pemerintah

Image title
23 Desember 2021, 18:28
pertamina, bumn, mogok kerja
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Petugas mengecek instalasi di PLTP Kamojang, Garut, Jawa Barat, Rabu (8/9/2021).

Rencana aksi mogok kerja oleh serikat pekerja Pertamina mendapat sorotan dari Sekjen Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu, Tri Sasono. Menurut dia, mogok kerja tersebut sebagai bentuk sabotase kepada pemerintah.

Pasalnya Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) berencananya melangsungkan aksi mogok tersebut pada masa libur panjang akhir tahun, yakni mulai Rabu, 29 Desember 2021 pukul 07.00 WIB hingga Jumat, 7 Januari 2022 pukul 16.00 WIB.

"Di mana (saat itu) stok BBM harus cukup tersedia. Sehingga aksi pemogokan sama saja bisa dikatakan sebagai bentuk sabotase kepada pemerintah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12).

Untuk itu, tambah Tri, FSP BUMN Bersatu meminta kepada para pekerja di Pertamina untuk tidak melakukan pemogokan. Apalagi alasan pemogokan kerja yang masih berkutat pada masalah kesejahteraan.

Tri menyatakan jika hanya karena masalah deadlock-nya dalam penyusunan PKB (Perjanjian Kerja Bersama) antara manajemen dan serikat pekerja, maka hal itu bisa dilakukan dengan jalan dialog kembali untuk dicari jalan keluarnya.

"Apalagi kalau hanya karena persoalan kesejahteraan, pekerja Pertamina selama ini merupakan salah satu perusahaan yang memiliki tingkat kesejahteraan paling bagus," kata dia.

Selain itu tuntutan pencopotan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga menurut Tri tak tepat diajukan oleh serikat pekerja. Sebab pergantian direksi di BUMN bukan lagi ranah dari serikat pekerja, namun hak dari pemegang saham, yakni pemerintah melalui Kementerian BUMN.

"Dengan ancaman pemogokan ini sudah sangat kontraproduktif nantinya. Perlu dicatat ya, selama ini justru Pertamina memiliki kinerja yang sangat bagus dan baik dalam kepemimpinan Direktur Utama PT Pertamina (Nicke Widyawati)," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...