Menteri ESDM: Pencabutan Larangan Ekspor Batu Bara Tunggu Laporan PLN

Image title
12 Januari 2022, 17:03
ekspor batu bara, batu bara, dmo batu bara, kementerian esdm, pln
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa.
Foto udara aktivitas bongkar muat batu bara di kawasan pantai Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Kamis (9/12/2021).

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan pencabutan larangan ekspor batu bara masih bergantung pada laporan PLN. Jika perusahaan setrum pelat merah melaporkan persediaan batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) telah mencukupi, maka izin ekspor perusahaan tambang akan dibuka kembali.

Meski begitu, izin ekspor hanya akan diprioritaskan bagi perusahaan tambang batu bara yang telah memenuhi komitmen kewajiban penjualan untuk kebutuhan dalam negeri (domestic market obligation/DMO) sebesar 25% dari total produksinya.

Advertisement

Sementara, bagi produsen yang masih belum memenuhi komitmen tersebut, izin ekspor belum akan diberikan. Pemerintah juga telah membagi beberapa tingkatan kategori perusahaan tambang yang patuh terhadap DMO.

"Jadi ekspor mudah mudahan sore ini ada statement dari PLN menyatakan situasi suplai sudah aman. Berarti jadwal kedatangan kapal kapal ke lokasi pembangkit baik PLN maupun IPP sudah dipastikan dan sudah ada kontraknya," Arifin dalam Konferensi Pers Capaian Kinerja Sektor ESDM Tahun 2021 Dan Rencana Kerja Tahun 2022, Rabu (12/1).

Untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tak terjadi di kemudian hari, Arifin menyarankan supaya PLN melakukan perencanaan pemenuhan kebutuhan batu bara setiap tahun dengan mengutamakan kontrak jangka panjang.

"Paling tidak sudah ada kepastian suplai jangka panjang. kemudian juga termin kontraknya. Detailnya itu manajemen PLN yang bisa melaksanakan. Gimana termin itu memastikan pasokan bisa aman," kata dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement