PLN Bakal Pasok Listrik untuk Smelter Freeport di Gresik

Image title
14 Maret 2022, 16:39
smelter, pln, listrik, freeport,
Wahyu Dwi Jayanti | KATADATA
Ilustrasi smelter.

PLN menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik (PJBTL) sebesar 170 mega volt ampere (MVA) dengan anak usaha PT AKR Corporindo Tbk, PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS).

Nantinya listrik yang dibeli BKMS akan didistribusikan dan dijual kembali kepada PT Freeport Indonesia untuk kebutuhan smelternya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Sehingga menghasilkan recurring income atau pendapatan berulang bagi KEK ini.

PLN akan mendistribusikan dan menjual listrik ke BKMS secara berkelanjutan melalui Gardu Induk PLN 150 KiloVolts (KV) suplai tegangan tinggi dengan daya total 170 MVA. Sedangkan BKMS menandatangani perjanjian back to back dengan Freeport untuk penyaluran listrik dari PLN.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Bob Syahril mengatakan siap melayani dengan keandalan berstandar internasional. Oleh karena itu, PLN akan menambah beberapa pembangkit maupun jaringan backbone sehingga akan ada beberapa alternatif pasokan yang sesuai dengan yang diperjanjikan.

"Kami siap melayani suplai listrik ke smelter PTFI dari gardu induk. Kami menawarkan harga yang kompetitif. Hal ini didukung oleh jaringan yang cukup kuat dan juga pasokan yang cukup berlebih hingga tersedia kurang lebih 6,5 Gigawatt," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (14/3).

Direktur Utama BKMS, Bambang Setiono berharap PLN dapat terus mendukung perusahaan dalam penyediaan listrik, sehingga kerja sama antar perusahaan dapat terus berlanjut di lain kesempatan.

"Kami sangat berharap dukungan dari PLN sehingga kami dapat meneruskan kerja sama berikutnya. Kami yakin berkat dukungan dari Bapak Elen kami mendapatkan KEK dan sekarang cukup banyak yang menghubungi kami dan kami sangat agresif untuk menghubungi calon-calon tenant," katanya.

Sementara, Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas berharap agar proyek pembangunan smelter tembaga single line terbesar di dunia ini bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga dapat selesai sesuai dengan target.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...