PLN akan Pasok Listrik 80 MVA untuk Smelter Antam di Halmahera Timur

Happy Fajrian
16 Maret 2022, 16:39
pln, listrik, antam, smelter, feronikel
PLN
Ilustrasi.

PLN dan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) telah menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik (PJBTL) untuk memasok listrik sebesar 80 mega volt ampere (MVA) ke pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) feronikel di Halmahera Timur.

Smelter feronikel ini ditargetkan beroperasi tahun ini. Melalui PJBTL yang diteken pada Senin (14/3) ini, PLN akan melistriki smelter feronikel Antam selama 30 tahun ke depan.

Advertisement

Untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik tersebut, PLN akan mendatangkan dua mesin pembangkit dari Sumatera Selatan sebesar 51 MW dan Jambi sebesar 60 MW untuk dibawa ke Halmahera Timur sehingga bisa mengoptimalkan pasokan listrik untuk smelter tersebut.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan melalui PJBTL ini PLN langsung melakukan eksekusi pemindahan pembangkit yang idle ke Halmahera Timur agar pasokan listrik segera bisa dilakukan.

"Dalam waktu dekat kami akan segera merelokasi pembangkit untuk bisa dioperasikan di Smelter Feronikel Antam," ujar Darmawan melalui keterangan tertulis, Rabu (16/3).

Namun, untuk jangka menengah dan jangka panjang, lanjut Darmawan, nantinya kedua perusahaan ini bekerja sama untuk membuat pembangkit yang lebih efisien.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement