Keekonomian Pertamax Rp14.526, Pertamina Belum Berencana Naikkan Harga

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Maret 2022, 10:45
harga pertamax, harga bbm, pertamina, harga minyak, ron 92
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pertamina belum berencana menyesuaikan harga BBM Pertamax meski keekonomian BBM dengan Research Octane Number (RON) 92 itu sudah mencapai Rp 14.526 per liter.

Pertamina melalui Sub Holding Pertamina Patra Niaga, menyebut dalam waktu dekat belum ada rencana kenaikan harga BBM jenis Pertamax walau harga keekonomian BBM RON 92 ini mencapai Rp 14.526 per liter.

Adapun saat ini Pertamina menjual Pertamax di harga Rp 9.000-9.400 per liter, atau selisih Rp 5.126-5.526 per liter dengan harga jual tertinggi yang diizinkan oleh pemerintah.

Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menyampaikan penyesuaian harga BBM jenis Pertamax masih dalam tahap kajian dan koordinasi dengan sejumlah stakeholder.

Ia menambahkan, pihaknya juga masih memonitor perkembangan harga minyak dunia. “Hal tersebut (harga BBM Pertamax) masih kami review,” kata Irto melalui pesan singkat pada Selasa (22/3).

Adapun sejauh ini Pertamina baru menyesuaikan harga BBM non-subsidi Dex Series, Pertamina Dex dan Dex Lite, serta Pertamax Turbo sebanyak dua kali yakni pada Februari naik Rp 1.500 per liter, dan Maret 2022 naik Rp 1.000 per liter.

Bahkan dengan dua kali kenaikan harga tersebut, harga jual Pertamax Turbo masih di bawah harga keekonomian Pertamax, meskipun nilai RON-nya lebih besar yakni 98. Simak databoks berikut:

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai kenaikan harga minyak mentah akan berdampak pada sektor hilir Pertamina. Mengingat sampai saat ini mereka masih harus menanggung kerugian yang cukup signifikan untuk BBM umum jenis Pertalite dan Pertamax.

Oleh sebab itu, ia mendorong pemerintah memberikan keleluasaan bagi Pertamina untuk melakukan penyesuaian harga BBM umum. Jika pun tidak sampai ke nilai keekonomian, paling tidak dapat menyentuh 50%.

"Kemarin saya mengusulkan untuk di angka Rp 1.500 per liter untuk Pertalite dan Pertamax sebagai jalan tengahnya," katanya beberapa waktu lalu kepada Katadata.co.id.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...