Pertamina Ramal Konsumsi Pertamax Ramadan dan Mudik Lebaran Naik 15%

Proyeksi kenaikan konsumsi BBM Pertamax pada Ramadan dan mudik Lebaran tahun ini lebih tinggi dibandingkan Pertalite. Konsumsi Pertamax Plus, Biosolar, dan Avtur diramal turun.
Image title
29 Maret 2022, 11:29
pertamax, pertamina, bbm, lpg
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Kendaraan mengisi bahan bakar di salah satu SPBU kawasan Cikini, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Pertamina memperkirakan konsumsi BBM dan LPG meningkat pada Ramadan dan Idul Fitri. Lebih rinci, LPG diperkirakan naik 4,5% menjadi 27.336 MT per hari, sedangkan BBM jenis Pertalite naik 1,2% menjadi 74.417 kilo liter (KL) per hari, dan Pertamax melonjak 14,8% menjadi 22.232 KL per hari.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan lonjakan konsumsi Pertamax didorong oleh arus mudik Lebaran. Namun di sisi lain ada beberapa jenis BBM yang konsumsinya diprediksi turun.

“Pertamax Turbo cenderung turun 5%, biosolar ini juga akan turun di h-7 sampai h+7, Avtur turun 7% dan kebutuhan BBM untuk industri juga akan turun sehubungan libur pekerjanya,” katanya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Senin (28/3).

Untuk memastikan pasokan BBM dan LPG pada bulan Ramadan hingga Idul Fitri Pertamina menyiapkan 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 7.400 SPBU, 667 SPBE, 4.972 agen LPG, dan 68 depot pengisian pesawat udara (DPPU).

Advertisement

Alfian menambahkan bahwa Pertamina juga akan menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama. Seperti jalan tol trans Jawa yang membentang dari Jakarta hingga Probolinggo, Jawa TImur.

Pertamina akan membentuk Satgas pada 11 April hingga 10 Mei 2022 untuk memastikan kelancaran distribusi BBM dan LPG saat Ramadhan dan Idul Fitri. Tim Satgas terdiri dari Kementerian ESDM, Kemenhub, BPH Migas, TNI, Polri, dan Telkom.

“Satgas ini ada di sejumlah regional seperti Sembagut, sembangsel, Jawa barat, Jawa tengah, Jawa-Bali dan lain-lain. Tiap-tiap regional ini ada turunan satgasnya untuk memastikan penyaluran LPG dan BBM dengan baik,” kata Alfian.

Adapun layanan tambahan BBM selama periode Satgas Ramadan dan Idul Fitri 2022 mencakup 1.370 SPBU yang disiagakan selama 24 jam di wilayah jalur potensial seperti jalan toll, jalur wisata dan jalur logistik. Selain itu, ada tambahan 144 unit mobil tangki yang disediakan sebagai kantong dan cadangan suplai BBM.

Pertamina juga menambah 48. 207 titik agen LPG yang disiagakan 24 jam. Sebanyak 220 unit motorist atau layanan delivery untuk BBM jenis Pertamax dan Dex untuk konsumen di lokasi-lokasi macet.

“Pertamina juga menyediakan 37 kios pertamina sebagai layanan tambahan di lokasi yang ada SPBU-nya, dan Satgas juga menyediakan fasilitas kesehatan termasuk ambulans yang siaga di lokasi pelayanan,” ujar Alfian.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait