Pertamina Targetkan Produksi Migas 2022 Naik 16,7% Jadi 1.047 mboepd

Muhamad Fajar Riyandanu
6 April 2022, 19:35
pertamina, produksi migas, produksi minyak, produksi gas
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Rig pengeboran migas.

Pertamina melalui Subholding Upstream PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menargetkan produksi minyak dan gas (migas) tahun ini sebesar 1.047 juta barel setara minyak (mboepd). Angka ini lebih tinggi dari capaian tahun lalu sebesar 897 mboepd.

Direktur Utama PHE Budiman Parhusip, mengatakan realisasi produksi minyak di tahun 2022 hingga bulan Februari mencapai 524 juta barel per hari (bopd) atau naik 117% dari Februari tahun lalu sebesar 445 juta bopd.

Advertisement

Sementara untuk produksi gas di tahun 2022 hingga bulan Februari mencapai 2.634 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd). Angka ini naik 101% dari produksi gas pada Februari tahun lalu sejumlah 2.615 mmscfd.

“Pada bulan Februari lalu kami juga menggarap dua sumur ekplorasi baru, yakni sumur gas di Mantapu dan Sumur Minyak di Sungai Gelam Timur, Jambi. Dengan cadangan 30 juta mmboe masih tahap evaluasi,” kata Budiman saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR pada Rabu (6/4).

Sementara untuk capaian pengeboran di tahun 2022 hingga Februari yaitu 90 sumur pengembangan, 2 sumur eksplorasi, 97 sumur workover, serta melakukan well services-well intervention sebanyak 4.745 sumur.

Sebelumnya, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis PHE, Danar Dojoadhi mengatakan bahwa ada beberapa terobosan yang dilakukan untuk mencapai target tersebut.

‘’Digitalisasi, program Optimus (Optimalization Upsteam Cost), penerapan ESG (Environmental, Social, Governance) serta Onstream beberapa project seperti Jambaran Tiung Biru, OPLL PHSS, Handil dan Emain Waterflood,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement