Dokumen yang Perlu Disiapkan sebelum Dapat BBM Subsidi via MyPertamina

Happy Fajrian
1 Juli 2022, 14:03
mypertamina, bbm subsidi, bbm bersubsidi, subsidi energi, pertamina
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Pengendara menunjukkan aplikasi MyPertamina saat mengisi bahan bakar pertalite di Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022).

Pertamina membuka pendaftaran penerima BBM bersubsidi melalui aplikasi MyPertamina mulai hari ini, Jumat (1/7). Ini merupakan upaya pemerintah agar penyaluran subsidi energi dapat lebih tepat sasaran.

Adapun pendaftaran diprioritaskan pada pengguna yang berdomisili atau berencana bepergian ke kota Yogyakarta, Surakarta, Denpasar, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Banjarmasin, Bandung, Tasikmalaya, Manado, Sukabumi, serta Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Ciamis.

“Bagi pengguna di luar wilayah tersebut dapat melakukan pengisian dan penyimpanan data terlebih dahulu,” seperti tertera pada laman pendaftaran MyPertamina.

Masyarakat yang ingin terdaftar sebagai penerima BBM bersubsidi bisa mendaftar melalui laman https://subsiditepat.mypertamina.id/ melalui penjelajah internet atau melalui aplikasi smartphone MyPertamina dengan memilih icon “subsidi tepat” dengan label “daftar & transaksi”.

Adapun agar proses pendaftaran berjalan lancar dan cepat, masyarakat diminta untuk menyiapkan sejumlah dokumen, di antaranya kartu tanda penduduk (KTP), surat tanda nomor kendaraan (STNK), foto mobil tampak samping, tampak roda, tampak nomor polisi (nopol), dan nomor pokok wajib pajak (NPWP). Sementara itu untuk pengguna subsidi non kendaraan diharapkan mempersiapkan surat rekomendasi.

Saat ini Pertamina Patra Niaga terus memperkuat infrastruktur serta sistem untuk mendukung program penyaluran Pertalite dan Solar secara tepat sasaran.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan penyaluran Pertalite maupun Solar subsidi masih memiliki berbagai tantangan. Di antaranya penyaluran yang tidak tepat sasaran, di mana pengguna yang seharusnya tidak berhak ikut mengkonsumsi BBM bersubsidi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...