SKK Migas Siapkan Langkah Antisipasi Agar RI Terhindar Krisis Energi

Happy Fajrian
7 Juli 2022, 21:28
krisis energi, skk migas, ketahanan energi, energi baru terbarukan, ebt, energi terbarukan
medcoenergi
Blok Migas Rimau.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus melakukan berbagai antisipasi dalam menghadapi ancaman krisis energi. Caranya adalah dengan mewujudkan ketahanan energi di Tanah Air.

“Saat ini ada tiga isu seputar energi yaitu pandemi, masalah transisi energi dan konflik antar negara membuat harga minyak dan gas menjadi tinggi, untuk itu kita terus melakukan antisipasi mewujudkan ketahanan energi,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Kamis (7/7).

Menurut dia ancaman terdepan yang dihadapi adalah krisis energi dan ketika ada konflik antar negara harga minyak dunia naik. “Ini merupakan momen yang menarik bagi pengambil keputusan, perusahaan dan pemerintah karena dunia sedang gonjang ganjing sehingga perlu pengambilan keputusan yang tepat,” kata dia.

Ia memaparkan apa yang terjadi di Ukraina menyebabkan peta energi kocar kacir karena ketergantungan negara di Eropa terhadap energi Rusia. “Kita tidak pernah menduga harga minyak yang dulu anjlok sampai US$ 20, ini bisa di atas US$ 120 per barel,” kata dia.

Oleh sebab itu presiden mencoba mengambil langkah agar persoalan ini bisa diatasi. Kemudian dari saat ini Indonesia tengah menghadapi energi transisi diantaranya adalah nol emisi pada 2026. “Konsekuensinya ada tambahan biaya bagi sektor industri yang masih menghasilkan CO2,” kata dia.

Selanjutnya langkah yang perlu diambil adalah upaya mengangkat produksi minyak dan gas untuk mengurangi defisit. “Sekarang kita dihadapkan pada bagaimana menaikkan produksi dan mengantisipasi energi transisi,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...