Impor Batu Bara Cina dari Rusia Naik 14% Capai Rekor Tertinggi 5 Tahun

Happy Fajrian
22 Agustus 2022, 07:09
impor batu bara cina, cina, rusia, batu bara, impor
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/5/2022).

Impor batu bara Cina dari Rusia pada Juli melonjak 14% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya ke rekor tertinggi dalam lima tahun. Cina memborong batu bara Rusia yang dijual dengan diskon seiring embargo dari negara-negara barat sebagai sanksi atas invasi ke Ukraina.

Menurut data bea cukai Cina seperti dilaporkan Reuters, Cina membeli 7,42 juta ton batu bara dari Rusia pada Juli. Ini merupakan pembelian bulanan tertinggi sejak pencatatan dimulai pada 2017. Jumlah tersebut naik dari 6,12 juta ton pada Juni 2022, dan naik dari 6,49 juta ton pada Juli 2021.

Negara-negara barat menghentikan impor batu bara dari Rusia sebagai sanksi atas invasi ke Ukraina, serta untuk memangkas pendapatan Moskow dari penjualan komoditas energinya. Sanksi ini memaksa Rusia mencari pasar baru seperti Cina dan India dengan menawarkan diskon yang besar.

Batu bara termal Rusia dengan 5.500 kilokalori (kkal) diperdagangkan sekitar US$ 150 per ton pada akhir Juli lalu, sedangkan batu bara dengan spesifikasi yang sama dijual seharga lebih dari US$ 210 per ton di Newcastle Australia.

Sejumlah pedagang Cina memprediksi lebih banyak batu bara Rusia mengalir ke Cina pada kuartal IV tahun ini ketika perusahaan utilitas di wilayah Cina utara meningkatkan stok untuk kebutuhan pemanasan pada musim dingin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...