Jual BBM Lebih Murah dari Pertamina, Ini Profil Vivo Energy Indonesia

Happy Fajrian
5 September 2022, 08:05
vivo, harga bbm, bbm, pertalite, solar, pertamina
Anggita Amalia|Katadata
SPBU Vivo.

Ketika pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi Pertalite dan Solar pada Sabtu (3/9), SPBU Vivo ramai diserbu masyarakat lantaran harga BBM-nya menjadi lebih murah dari yang dijual Pertamina. Biasanya, SPBU swasta menjual BBM dengan harga yang lebih mahal dari Pertamina.

Ketika harga Pertalite naik menjadi Rp 10.000 per liter, Vivo menjual Revvo 89, bensin berkadar oktan RON-89, hanya Rp 8.900 per liter. Sontak masyarakat menyerbu SPBU swasta itu untuk mengisi kendaraannya dengan BBM yang kualitasnya di bawah Pertalite yang RON-90.

Namun tak lama berselang setelah harga Pertalite naik, pemerintah meminta agar Vivo juga menaikkan harga Revvo 89 mengikuti harga Pertalite. Padahal Vivo baru menurunkan harga BBM murahnya itu per 1 September 2022 dari Rp 9.900.

Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Tutuka Ariadji mengatakan bahwa pemerintah sudah berbicara dengan manajemen Vivo terkait harga BBM-nya. “Dengan penyesuaian harga Pertalite, Vivo akan menyesuaikan harganya segera,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/9).

Vivo juga menurunkan harga BBM RON-92, Revvo 92 yang sebelumnya Rp 17.250 per liter menjadi Rp 15.400 per liter, serta BBM RON-95, Revvo 95 dari Rp 18.250 menjadi Rp 16.100 per liter. Menurut Tutuka, turunnya harga BBM Vivo di tengah kenaikan harga BBM Pertamina lantaran perusahaan berniat untuk menghabiskan stok BBM RON-89 mereka, Revvo 89.

“Sebelumnya dan sampai saat ini, Vivo menghabiskan stoknya RON-89 sampai dua bulan ke depan dengan harga yang terjangkau masyarakat,” kata Tutuka.

Anak Usaha Trader Energi Global, Vitol Group

SPBU Vivo pertama kali hadir di Indonesia pada 2017 di jalan raya Cilangkap, Jakarta Timur. SPBU ini dikelola oleh PT Vivo Energy Indonesia, anak usaha dari perusahaan perdagangan energi global asal Rotterdam, Vitol Group, yang berkantor pusat di Swiss.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...