UE Ajukan Pembatasan Harga Gas Rusia, Putin Ancam Setop Ekspor Energi

Happy Fajrian
8 September 2022, 11:18
harga gas, gas eropa, vladimir putin,
ANTARA FOTO/Maxim Shemetov/aww/sad.
Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan menghentikan ekspor seluruh komoditas energi ke Eropa jika kawasan tersebut menerapkan pembatasan harga gas.

Uni Eropa (UE) secara resmi mengusulkan proposal pembatasan harga gas Rusia. Hal ini ditanggapi dingin oleh Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengancam akan memutus semua pasokan energi ke kawasan tersebut jika pembatasan harga diterapkan.

Jika itu terjadi maka dapat semakin meningkatkan harga gas Eropa yang sudah setinggi langit. Ini akan menambah beban yang harus dibayarkan pemerintah negara-negara UE untuk mencegah kebangkrutan perusahaan penyedia energi mereka dan menjaga agar warganya tetap hangat di musim dingin.

Advertisement

Eropa pun menuding Rusia menggunakan pasokan energi sebagai senjata ekonomi, sebagai balasan atas sanksi barat yang dijatuhkan kepada Moskow atas invasinya ke Ukraina. Rusia menyalahkan sanksi tersebut karena menyebabkan masalah pasokan gas karena kerusakan pada pipa sulit diperbaiki.

Seiring meningkatnya ketegangan, Putin mengatakan bahwa kontrak jual beli gas akan dibatalkan jika terjadi pembatasan harga yang artinya negara-negara Barat berisiko menghadapi musim dingin yang menggigit tanpa pasokan gas dari Rusia.

Meski diancam, UE berencana untuk terus maju dengan batasan harga untuk gas Rusia, dan juga batas atas harga yang dibayarkan untuk listrik dari pembangkit listrik yang tidak menggunakan gas. Untuk memutuskan ini para menteri energi UE akan mengadakan pertemuan darurat, Jumat (9/9).

“Kami akan mengusulkan batas harga untuk gas Rusia. Kami harus memotong pendapatan Rusia yang digunakan Putin untuk membiayai perang mengerikan di Ukraina ini,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (8/9).

Seorang sumber yang mengetahui masalah ini menyebutkan bahwa Belanda yang secara konsisten menentang pembatasan harga gas, akan mendukung kebijakan yang menargetkan gas Rusia ini.

Namun, seorang menteri Ceko mengatakan sebelumnya bahwa hal itu harus dikeluarkan dari agenda pertemuan hari Jumat. Ceko membantu memandu diskusi sebagai pemegang jabatan presiden bergilir UE.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement