Perbandingan Biaya Masak antara Kompor Induksi Listrik dan LPG 3 Kg

Happy Fajrian
16 September 2022, 14:49
kompor induksi, kompor lpg, penghematan kompor induksi,
PLN
Ilustrasi kompor induksi.

Pemerintah akan membagikan kompor induksi listrik dan menarik elpiji atau LPG 3 kg secara bertahap di daerah. Pemerintah berupaya menekan impor elpiji dan subsidi LPG dengan membagikan paket kompor induksi gratis dan alat masaknya. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa dengan menggunakan kompor induksi, masyarakat dapat menghemat pengeluaran untuk membeli LPG 3 kg karena tarif listrik yang lebih murah.

“Masyarakat nanti akan merasakan biaya memasak menggunakan kompor induksi bisa lebih hemat 10-15% dibandingkan menggunakan kompor LPG,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Selasa (14/9).

Menurut perhitungan PLN, harga keekonomian LPG saat ini Rp 19.698 per kg. Untuk gas melon 3 kg, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 15.448 per kg, sehingga harga jualnya ke masyarakat hanya Rp 4.250 per kg.

“Tentu saja ada rantai pasok dan sebagainya. Sehingga rata-rata yang dibayar masyarakat sekitar Rp 5.250 per kg. Artinya pada LPG 3 kg ada subsidi sebesar Rp 15.448 per kg. Harga keekonomian dari LPG disini berfluktuasi dari harga minyak mentah dunia,” ujar Darmawan.

Sementara 1 kg LPG setara dengan 7,19 kilo watt jam (kWh) listrik jika mengunakan kompor induksi yang harga keekonomiannya Rp 11.792. Pemerintah pun memberikan subsidi sehingga masyarakat hanya membayar tarif listrik tersebut sebesar Rp 4.530.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...