PLN Bagikan Gratis Kompor Listrik 1.000 Watt di Jakarta Mulai Oktober

Happy Fajrian
20 September 2022, 18:23
kompor induksi, jakarta, ujicoba, pilot project, pln, konversi lpg
123RF
Ilustrasi kompor induksi listrik.

Setelah Solo dan Denpasar, DKI Jakarta akan menjadi sasaran pilot project konversi elpiji 3 kg ke kompor induksi berikutnya. PLN akan membagikan 10.000 unit kompor induksi kepada warga ibu kota mulai bulan Oktober mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy Pangaribuan. Pembagian 10.000 unit kompor induksi beserta alat masaknya berupa wajan dan panci kukus ditargetkan rampung akhir tahun ini.

PLN bersama pemerintah akan menggunakan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian sosial dalam menyeleksi warga ibu kota calon penerima manfaat yang berhak mendapatkan kompor induksi gratis ini. Salah satu kriterianya yaitu dari kelompok pelanggan PLN berdaya listrik 450 volt ampere (VA) dan 900 VA.

Pemilihan 10.000 keluarga penerima selain berdasarkan data DTKS juga akan berdasarkan klaster kemudahan PLN membaca meter. Doddy optimistis 10.000 unit kompor induksi dapat dibagikan meski hanya dalam waktu tiga bulan.

“Pabrik kompornya kelimpungan karena target nasional itu 300.000 sampai akhir tahun. Tapi kami yakin kompornya siap pada Oktober, dua bulan saja cukup untuk membagikan 10.000 unit di Jakarta,” ujarnya kepada Katadata.co.id, dikutip Selasa (20/9).

Nantinya, masyarakat bakal mendapatkan satu unit kompor listrik induksi dengan dua tungku masak yang masing-masing berdaya 1.000 watt yang disertai modul Internet of Things atau IoT untuk menyimpan data konsumsi energi listrik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...