Pertamina dan Exxon Jajaki Pengembangan CCUS di Cekungan Sunda-Asri

Muhamad Fajar Riyandanu
22 September 2022, 17:00
ccus, penangkapan karbon, emisi karbon, pertamina, exxonmobil, exxon
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi pengeboran migas.

Pertamina Hulu Energi (PHE) dan ExxonMobil sedang menjajaki proyek teknologi penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilizaton and storage (CCUS) di Cekungan Sunda-Asri yang ditarget beroperasi atau on stream pada 2027.

Cekungan Sunda-Asri terletak dibagian barat laut Jawa, timur laut Selat Sunda, dan barat laut cekungan Jawa Barat selelah utara. Cekungan ini berbatasan dengan cekungan Sumatera Selatan.

CEO Pertamina Hulu Energi, Budiman Parhusip, mengatakan pihaknya tengah memperlajari rencana implementasi CCUS yang dinilai menjadi bisnis potensial di masa depan. Budiman menyebut, terdapat potensi penyimpanan 2.800 MT CO2 yang mampu ditampung di wilayah reservoir yang habis di area PHE.

"Ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk bekerja sama dengan setiap pemangku kepentingan untuk reservoir yang depleted," kata Budiman saat menjadi pembicara dalam acara IPA Convention 2022 ke-46 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (22/9).

Lebih lanjut, kata Budiman, PHE sudah mengkaji sejumlah wilayah untuk pengembangan CCUS. Salah satunya di lapangan minyak dan gas bumi (Migas) Gundih, Jawa Tengah yang sanggup menampung 3 juta ton CO2 untuk 10 tahun.

Proyek ini rencananya akan berjalan atau on stream pada 2026 mendatang. Selain itu, PHE juga melakuakan studi CCUS pada Lapangan Sukowati dan Jatibarang. “Di Jatibarang kami akan tes injeksi karbon yang rencananya akan mulai di akhir tahun 2022,” ujar Budiman.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...