Viral Pertalite Berbeda Warna, Pertamina: Warna Tak Pengaruhi Kualitas

Muhamad Fajar Riyandanu
26 September 2022, 18:25
pertalite, bbm,
Facebook
Sebuah unggahan di media sosial Facebook menunjukkan dua botol air mineral yang diduga berisi Pertalite, namun dengan warna yang berbeda, salah satunya berwarna lebih pekat dari yang lain.

Sebuah foto yang diduga Pertalite sebelum dan setelah penaikan harga viral di media sosial. Di foto tersebut terlihat ada dua botol air mineral plastik berukukuran 1,5 liter yang masing-masing berisi BBM yang diduga jenis Pertalite. Satu botol berisi cairan dengan warna yang lebih pekat dan satu botol lainnya berisi cairan yang lebih terang.

Akun Facebook pengunggah foto tersebut, Dhonjuan, membuat narasi: "Perbandingan #Pertalite Yg Lama Dgn Yg Baru. Pantas #Boros Bangeettz," tulisnya, dikutip Senin (26/9).

Sebelumnya juga ramai di media sosial bahwa Pertalite kini menjadi lebih cepat habis, atau jarak tempuhnya berkurang, setelah pemerintah menaikkan harganya pada awal September.

Narasi perubahan warna pada BBM Pertalite yang dinilai mengubah kualitas jarak tempuh sempat viral di media sosial. Hal tersebut mendapatkan beragam tanggapan dari wargnet.

Dalam unggahannya, akun Facebook Tehug Pujiwantoro mengatakan, "bensin jenis Pertalite kok sekarang warnanya berubah, jadi warna hijau kekuningan?? Bukan lagi warna biru?? Apa kadar RONnya dikurangi atau kualitasnya yang kurang bagus???" tulisnya pada 22 September 2022 lalu.

Penilaian serupa juga ditulis oleh Akun Twitter @heiqaal pada 23 September 2022 lalu. "Unpopular opinion: Curiga Pertalite yang dijual sekarang adalah premium yang ‘cuma’ diganti warna-nya,” tulisnya pada 23 September lalu. Namun tak seluruh warngenet menilai negatif narasi tersebut.

Akun Facebook Aries Rizvi mengatakan, “Warna Pertalite di tukang bensin eceran itu nggak tentu, kadang hijau tosca (gelap) kadang hijau belimbing (agak kekuningan). Saya biasa isi di eceran, di POM ngantrinya lumayan panjang, bisa makan waktu 15-20 menit. Ada lagi tarikan mesin jadi agak berat sekarang setelah harganya naik. Low Quality."

Menanggapi adanya narasi tersebut, Sekretaris Perusahaan Pertamina Parta Niaga, Irto Ginting, mengatakan warna yang diberikan pada BBM hanya untuk pembeda, tidak ada kaitannya dengan boros tidaknya dalam penggunaan BBM.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...