Pertamina Catat Nopol Mobil Pembeli Pertalite, Aba-aba Pembatasan?

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Oktober 2022, 18:13
pertalite, pertamina, bbm, bbm bersubsidi,
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Pertamina mencatat nomor polisi kendaraan roda empat atau mobil yang mengisi Pertalite di tengah rencana pembatasan pembelian BBM bersubsidi agar penyalurannya lebih tepat sasaran.

Seperti halnya terjadi di salah satu SPBU Pertamina di Jalan Abdul Muis, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Jumat (7/10). Di jalur mobil khusus pengisian BBM Pertalite, ada tiga mobil tipe city car yang mengantre.

Usai tiba di depan Nozzle atau tempat pengisian, seorang pertugas menghampiri pemilik kendaraan. Selain menanyakan nominal pembelian, petugas tersebut juga meminta izin untuk mencatat nomor polisi kendaraan tersebut.

Setelah mendapat persetujuan, petugas itu melangkah ke sisi depan mobil dan mencatat nomor kendaraan di selembar buku. Pencatatan plat nomor dilakukan lewat telepon genggam. Dari layar transaksi, mobil tersebut melakukan pembelian Rp 150.000 Pertalite.

"Mobil-mobil yang beli Pertalite sekarang dicatat plat nomernya," ujarnya. Dia pun tak tahu menahu soal tujuan pegumpulan data tersebut. "Arahannya seperti itu, gak paham juga buat apa," imbuhnya.

Hal serupa juga terjadi SPBU Pertamina di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Mobil-mobil yang membeli BBM Pertalite harus melalui proses pendataan sebelum melakukan transaksi. Seorang petugas mengatakan pencatatan ini rutin dilakukan dan belum ada pembatasan pembelian. "Sudah lama, sebelum harga Pertalite naik," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...