BLU Batu Bara Berpotensi Himpun Rp 137 T Saat Harga US$ 200 per Ton

Muhamad Fajar Riyandanu
21 November 2022, 19:27
batu bara, blu batu bara, dmo batu bara, harga batu bara, kementerian esdm
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Pekerja mengoperasikan alat berat saat bongkar muat batu bara ke dalam truk di Pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN), Marunda, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Kementerian ESDM memproyeksikan dana kompensasi domestic market obligation (DMO) batu bara yang bisa dihimpun oleh Badan Layanan Umum (BLU) batu bara mencapai Rp 137,6 triliun. Jumlah tersebut dengan asumsi harga batu bara acuan atau HBA US$ 200 per ton.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan, dana kompensasi bakal dihimpun dari total penjualan batu bara di pasar ekspor maupun domestik. Adapun HBA November berada pada posisi US$ 308,2 per ton.

Sebagai institusi pelaksana BLU, Lemigas dan Tekmira akan bertugas memungut dan menyalurkan dana kompensasi DMO yang bakal disalurkan kepada badan usaha yang memenuhi DMO batu bara untuk PT PLN dan industri lainnya, kecuali smelter. Adapun estimasi volume penentuan DMO batu bara sebanyak 134 juta ton per tahun.

"Fungsi BLU hanya himpun dan salur. Jadi ini adalah untuk kompensasi bagian daripada badan usaha yang memenuhi DMO-nya agar bisa mendapatkan kompensasi dari mereka-meraka yang tidak memenhui DMO-nya," kata Arifin saat Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi VII DPR pada Senin (21/11).

Dalam paparannya, Arifin menjelaskan rasio tarif pungutan dihitung melalui perbandingan volume DMO ke PLN dan industri dengan volume penjualan ekspor-domestik yang ditetapkan secara triwulanan lewat Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM.

Adapun besaran pungutan akan dihitung berdasar pada kalori yang ditambahkan dengan nilai pajak pertambahan nilai atau PPN 11%.

Lebih lanjut, kata Arifin, hadirnya entitas BLU ditujukan untuk memenuhi terjaminnya pasokan batu bara untuk sektor kelistrikan dan non-kelistrikan seperti suplai batu bara ke industri pupuk dan semen.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...