Mengenal Rekosistem, Startup yang Bersedia Beli Sampah Rp 800 per Kg

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Desember 2022, 15:26
rekosistem, sampah, daur ulang, pengelolaan sampah, startup, digital,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Warga menyetorkan sampah anorganik di tempat penukaran Rekosistem di Stasiun MRT Blok M, Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Rekosistem, sebuah perusahaan rintisan atau startup yang menawarkan jasa pengelolaan sampah di empat kabapaten/kota di Pulau Jawa kini tengah gencar untuk meningkatkan kapasitas pengumpulan sampah di sektor rumah tangga hingga 30% per bulan.

CEO and Co-Founder Ernest Christian Layman, mengatakan bahwa sejauh ini Rekosistem telah melayani pengelolaan sampah mulai dari pengumpulan, pemilahan, hingga daur ulang sampah yang berasal dari sekitar 20.000 rumah di sekitar lokasi gudang atau HUB sampah perusahaan di Surabaya, Purwokerto, Bandung, dan Jakarta.

"Pengelolaan sampah kami bertumbuh rata-rata 30% per bulannya, kapasitas pengumpulan sampah kami sebulan itu bisa kumpulin sekitar 2.000 ton," kata Ernest saat ditemui di Nara Senopati, Jakarta pada Rabu (14/12).

Lewat aplikasi yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store, Rekosistem menawarkan jasa pengangkutan sampah dan pemilahan sampah. Bagi para pengguna aplikasi yang memilah sampahnya secara mandiri sebelum diserahkan, Rekosistem akan memberikan imbalan jasa sebesar Rp 800 per kilogram (kg).

"Harus sampah yang bisa didaur ulang. Jadi poinnya, kalau sampah tercampur kami dibayar dengan harga yang sama dengan harga konvensional. Tapi kalau sampah itu sudah dipilah, kami yang bayar," ujar Ernest.

Dalam operasional pengangkutan sampah dari para pelanggan, Rekosistem tak pilih-pilih jenis sampah. Mereka bersedia mengangkut jenis sampah yang bisa didaur ulang seperti kardus, botol dan plastik, maupun sampah yang tak bisa didaur ulang seperti sampah sisa makanan.

Ernest menyebut Rekosistem akan menarik biaya untuk pengangkutan sampah yang belum dipilah oleh para pelanggan. Harga yang ditarik yakni Rp 50.000 per bulan untuk wilayah DKI Jakarta dan Rp 30.000 sampai Rp 40.000 untuk wilayah daerah.

Adapun Rekosistem sejauh ini memiliki enam unit gudang sampah yang berada di masing-masing daerah operasi, dua diantaranya berada di wilayah Jagakarsa dan Pantai Indah Kapuk untuk area DKI Jakarta.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...