Harga Pertamax Dievaluasi Mingguan, Pertamina dan Konsumen Diuntungkan

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Januari 2023, 20:06
harga pertamax, harga bbm, harga minyak, pertamax
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj.
Seorang petugas menunjukkan harga BBM jenis Pertalite yang sudah naik menjadi Rp10 ribu per liter di SPBU Maya jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Menteri BUMN Erick Thohir mengusulkan agar evaluasi harga BBM non subsidi Pertamax Series diubah dari bulanan menjadi mingguan. Usulan tersebut dinilai dapat menciptakan harga jual BBM yang lebih seimbang dengan harga minyak.

Direktur Eksekutif ReforMiner, Komaidi Notonegoro menilai bahwa implementasi usulan tersebut bisa berdampak baik bagi arus kas Pertamina sebagai perusahaan yang menjual jenis BBM umum (JBU) tersebut.

"Penyesuaian harga bisa lebih cepat karena harga minyak dunia juga bergerak tiap harinya," kata Komaidi kepada Katadata.co.id melalui sambungan telepon pada Senin (2/1).

Selain itu, pengumuman harga JBU mingguan juga berimplikasi positif kepada konsumen. Sebab konsumen bisa segera memperoleh BBM dengan harga miring jika harga minyak berada tengah dalam tren turun.

"Kalau harga minyak mentah turun maka konsumen juga cepat untuk dapat harga JBU yang turun, kalau naik kemudian konsumen bisa terbiasa akan adanya penyesuaian harga," ujar Komaidi.

Sikap serupa juga dikatakan oleh Pakar Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi. Dia menganggap, usulan Kementerian BUMN untuk mempersingkat evaluasi harga Pertamax bisa berdampak positif bagi Pertamina dan konsumen.

"Karena memang faktor atau variabel yang dipertimbangkan dalam menetapkan harga JBU itu kan harga minyak dunia, inflasi, kurs rupiah. Nah itu seringkali bergerak secara harian," kata Fahmy kepada Katadata.co.id melalui sambungan telepon pada Senin (2/1).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...