Shell Lepas Lapangan Migas di Norwegia demi Transisi Energi

Happy Fajrian
11 Januari 2023, 15:50
shell, transisi energi,
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan minyak dan gas internasional (international oil company/IOC) asal Inggris, Shell, akan melepas aset migasnya di Norwegia kepada Harbour Energy sejalan dengan upayanya untuk menurunkan emisi karbon dan melakukan transisi energi.

Shell menyatakan akan memfokuskan operasi migasnya di sembilan cekungan namun secara bertahap mengurangi produksi minyak dan gasnya untuk meningkatkan kapasitas operasi energi terbarukan dan rendah karbon.

Shell dan Harbour sebenarnya telah memulai negosiasi untuk pelepasan aset migas di Norwegia tahun lalu. “Tapi tidak dapat mencapai kesepakatan karena volatilitas harga gas dan ketidakpastian prospeknya dalam jangka panjang,” kata tiga sumber internal Shell seperti dikutip dari Reuters, Rabu (11/1).

Penjualan portofolio minyak dan gas Shell di Norwegia, yang telah dikelola selama lebih dari 110 tahun, akan menandai mundurnya salah satu perusahaan energi terbesar di dunia ini secara bertahap dari operasi di Laut Utara untuk memfokuskan investasi pada cekungan yang lebih baru dan lebih menguntungkan.

“Pembicaraan dengan Harbour Energy, produsen Laut Utara Inggris terbesar, mencapai tahap lanjut menjelang akhir tahun 2022,” kata sumber tersebut, tepat ketika Norwegia memperkuat posisinya sebagai pemasok gas alam utama Eropa setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Shell dan ConocoPhillips adalah dua perusahaan minyak terakhir yang mengoperasikan ladang lepas pantai di Norwegia, sementara TotalEnergies hanya mempertahankan saham di ladang yang tidak dioperasikan.

“Negosiasi dengan Harbour Energy termasuk aset Shell di Norwegia dan operasi skala kecilnya di Italia dan beberapa aset tua di Laut Utara Inggris,” kata sumber tersebut.

“CEO baru Shell Wael Sawan, yang menggantikan Ben van Beurden pada 1 Januari setelah sembilan tahun masa jabatannya, saat ini tidak meninjau aset tersebut,” kata dua sumber lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...