MIND ID Minta Insentif Harga Batu Bara untuk Proyek DME PTBA

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Februari 2023, 10:18
mind id, harga batu bara, gasifikasi, batu bara, ptba
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Sabtu (13/6/2020).

Mining Industry Indonesia (MIND ID) meminta kepada pemerintah dan DPR agar memberikan insentif harga batu bara untuk proyek gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME) yang digarap PT Bukit Asam (PTBA) di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Salah satu dukungan yang diajukan yakni mekanisme pembayaran kompensasi oleh badan usaha yang mengekspor batu bara yang dananya disetor ke lembaga yang mengelola pungutan ekspor batu bara.

Mekanisme ini memberi peluang bagi MIND ID dan PTBA untuk mendapatkan porsi batu bara dengan harga jual domestic market obligation atau DMO yang belakangan diterapkan di PLN dan industri tertentu seperti semen dan pupuk.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso, mengatakan bahwa alokasi insentif untuk proyek DME mendesak diterapkan karena membutuhkan investasi dan pendanaan operasional yang besar.

Menurut Hendi, ketersediaan energi primer dengan harga insentif khusus perlu dialokasikan untuk menopang kegiatan pengembangan hilirisasi di MIND ID. "Juga dukungan masuknya proyek coal to DME dalam rencana BLU batu bara ," kata Hendi saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR pada Senin (6/2).

Proyek senilai US$ 2,3 miliar atau sekitar Rp 34,04 triliun itu merupakan proyek kerja sama dengan Pertamina dan perusahaan bidang pengolahan gas dan kimia asal Amerika Serikat (AS), Air Products and Chemicals Inc atau APCI.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...