Pertamina Dukung Pertamax Dicampur Bioetanol 5%, RON Bisa di Atas 92

Muhamad Fajar Riyandanu
28 Februari 2023, 22:33
pertamax, bioetanol, bensin
ANTARA FOTO/Ardiansyah/wsj.
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU 24.351.126 Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (19/4/2022).

PT Pertamina menyambut positif rencana pemerintah untuk melakukan uji coba pencampuran bioetanol 5% atau E5 dengan bensin jenis Pertamax pada pertengahan tahun ini. Pertamina memastikan bahwa E5 bisa meningkatkan angka oktan Pertamax menjadi di atas 92.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan bahwa perseroan saat ini telah menjalin komunikasi dengan PT Perkebunan Nusantara atau PTPN sebagai penyedia suplai bioetanol untuk program E5.

"Nilai oktan Pertamax memang jadi di atas 92. Aspek teknisnya nanti saya pastikan dulu," kata Irto saat ditemui wartawan selepas acara Economic Outlook 2023 CNBC di The St. Regis Hotel Jakarta pada Selasa (28/2).

Pertamina pun berharap agar uji coba distribusi E5 bisa segera diterapkan. Impelementasi program E5 secara luas dipercaya bisa menekan penggunaan energi fosil di sektor transportasi sekaligus mengurangi porsi impor BBM.

"Prinsipnya kami dukung berbagai alternatif penyediaan energi. Jangan sampai hanya mengandalkan energi fosil," ujar Irto. Sedangkan terkait harga jual E5, Irto mengaku belum bisa memberikan besaran angka pasti.

Dia mengatakan bahwa besaran harga jual E5 di SPBU harus melewati kesepakatan antara produsen etanol dan Pertamina sebagai pihak distributor tunggal atau offtaker. "Soal harga itu nanti harus dibicarakan dan tentunya dilaporkan kepada regulator," kata Irto.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...