ESDM Pasang Batas Maksimum Harga Pertamax, Cegah Migrasi ke Pertalite

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Maret 2023, 17:43
harga pertamax, pertamax, pertalite, harga pertalite, harga bbm
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Petugas mengganti papan informasi harga bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Kementerian ESDM memastikan adanya penerapan batas maksimum pada harga jual jenis BBM umum (JBU) di tengah kenaikan harga BBM non subsidi pada awal bulan Maret ini, salah satunya harga Pertamax.

Penerapan regulasi batas atas itu ditujukan untuk menjaga harga jual pada tingkat harga psikologis konsumen sekaligus mencegah migrasi konsumen ke BBM subsidi Pertalite.

Selisih harga BBM non subsidi Pertamax dengan Pertalite saat ini relatif lebar usai Pertamina menaikan harga Pertamax ke level Rp 13.300 per liter (Jawa-Bali). Angka ini berjarak Rp 3.300 per liter dari harga jual Pertalite.

Direktur Jenderal Migas, Tutuka Ariadji, menyampaikan bahwa harga jual Pertamax di dalam negeri masih jauh lebih rendah dari harga jual BBM dengan kualitas serupa di luar negeri. Harga jual Pertamax juga lebih miring daripada harga BBM beroktan 92 yang diproduksi oleh perusahaan swasta.

Pada 1 Maret, harga Shell Super mencapai Rp 13.990, per liter, Revvo 92 seharga Rp 14.000 per liter dan BP 92 mencapai Rp 14.200 per liter. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...