Erick Thohir Jamin Stok BBM Aman Pascainsiden Depo Pertamina Plumpang

Happy Fajrian
4 Maret 2023, 13:48
depo pertamina plumpang, erick thohir, bbm, kebakaran, pertamina
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Foto udara permukiman penduduk yang hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan insiden kebakaran di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara tidak mengganggu pasokan BBM dan listrik. Pasokan BBM akan di-back up dari terminal BBM (TBBM) lainnya seperti TBBM Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, dan TBBM Ujung Berung.

Erick menyampaikan persediaan BBM di sejumlah Depo Pertamina masih cukup memasok kebutuhan masyarakat. Dia mengatakan TBBM Tanjung Gerem memilik stok Pertamax sebanyak 6.559 kiloliter (kl) yang cukup untuk 15 hari dan Pertalite sebanyak 17.189 kl (9,6 hari).

“Di Cikampek ada stok Pertalite 20.399 kl yang cukup 10 hari dan Pertamax 6.137 kl atau cukup 11 hari. Sementara di TBBM Ujung Berung dengan Pertalite 24.250 kl (11,5 hari) dan Pertamax 22.004 KL (29,2 hari),” ujarnya dikutip dari Antara, Sabtu (4/3).

Erick mengatakan dukungan persediaan BBM juga ada di TTU Balongan yang memiliki stok Pertalite 80,014 kl (57 hari) dan Pertamax 50,626 kl (170 hari), serta tambahan pasokan dari Kilang Balongan dan Kilang Cilacap dapat dilakukan melalui laut ke TBBM Tanjung Priok.

Dia juga mengatakan, selain memastikan pelayanan publik tetap berlangsung baik dan lancar, penanganan terhadap warga terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara menjadi prioritas utama.

“Alhamdulillah tadi pagi pukul 7.45 WIB PLN sudah menyalakan 21 gardu, sehingga tinggal dua gardu distribusi yang masih padam dan terus diupayakan penanganannya,” ujarnya.

Saat kejadian, kata Erick, PLN langsung mengambil tindakan cepat memadamkan 23 gardu untuk keamanan masyarakat dan instalasi PLN. Erick menyampaikan para petugas saat ini terus melakukan penyalaan secara bertahap sambil mendata kerusakan instalasi di lapangan.

“Alhamdulillah listrik sudah kembali menyala dan depo pasokan BBM di sejumlah tempat dalam kondisi cukup,” lanjut Erick.

Erick terus memonitor perkembangan dan meminta Pertamina mengambil tindakan-tindakan yang mendukung aksi cepat tanggap membantu korban terdampak oleh musibah kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...