Bicara di Hannover Messe, Jokowi Sebut Seluruh PLTU Ditutup pada 2050

Happy Fajrian
17 April 2023, 13:52
jokowi, pltu, pensiun dini pltu, transisi energi
Sekretariat Kabinet RI
Jokowi berbicara pada pembukaan Hannover Messe 2023, Minggu (16/4), menegaskan Indonesia akan menutup seluruh pembangkit listrik batu bara pada 2050.

Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen transisi energi Indonesia saat berbicara pada pembukaan pameran dagang industri internasional, Hannover Messe 2023 di Jerman, Minggu (16/4). Menjadi bagian dari komitmen tersebut yaitu pensiun dini PLTU batu bara.

“Di tahun 2023, 23% energi (Indonesia) berasal dari energi baru dan terbarukan, dan di 2050 seluruh pembangkit batu bara ditutup,” kata Presiden dikutip pada Senin (17/4).

Advertisement

Pada kesempatan tersebut Jokowi juga menegaskan bahwa transisi energi Indonesia akan dilakukan dengan tetap memastikan energi yang terjangkau bagi masyarakat. Namun untuk mewujudkannya, “ini membutuhkan pembiayaan yang sangat besar setidaknya US$ 1 triliun hingga 2060,” ujarnya.

Oleh karena itu dia mengundang investor Jerman untuk bekerja sama dan berinvestasi untuk membangun ekonomi hijau di Indonesia. “Sekali lagi Indonesia sangat terbuka untuk kerja sama untuk berinvestasi. Let us collaborate for our common prosperity,” kata Presiden.

Sebelumnya, untuk merealisasikan target pensiun dini PLTU, pemerintah melalui Kementerian ESDM menjalin kerja sama dengan Global Energy Alliance for People and Planet (GEAPP) untuk menyusun strategi pensiun dini pembangkit listrik pengotor berat tersebut.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan bahwa kerja sama dengan GEAPP untuk mendukung program-program Just Energy Transition Partnership (JETP) Indonesia.

Program-program tersebut yaitu studi teknis, analisis, dan penelitian yang berfokus pada percepatan pensiun dini PLTU; mendukung transisi menuju energi terbarukan; mendukung analisis interkoneksi jaringan; dan program lain yang mendukung target Net Zero Emission 2060 Indonesia atau lebih cepat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement