Indonesia Tanda Tangani 19 Kerja Sama Baru Selama Hannover Messe 2023

Ira Guslina Sufa
16 April 2023, 23:37
Indonesia kerja sama jerman hannover messe 2023
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Suasana gedung-gedung bertingkat di Jakarta. Kamis (26/1/2023).

Pemerintah Indonesia menandatangani 19 perjanjian kerja sama baru dalam perhelatan Hannover Messe 2023 yang berlangsung di Jerman. Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, Kementerian Perindustrian, Eko S.A. Cahyanto mengatakan perjanjian kerjasama itu terdiri dari 3 perjanjian government to business dan 13 perjanjian business to business. 

“Salah satu sasaran partisipasi Indonesia sebagai partner country Hannover Messe 2023, yaitu terwujudnya kerja sama industri dan penanaman modal asing,” ujar Eko dalam keterangan resmi, Minggu (16/4). 

Menurut Eko, dalam perhelatan Hannover Messe 2023 Indonesia menoreh catatan sebagai negara pertama di ASEAN yang menjadi Official Partner Country sebanyak tiga kali. Posisi ini juga menjadi daya tawar bagi Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dan pemain manufaktur global. 

Selain itu, Indonesia juga menargetkan adanya kerja sama industri dan investasi modal asing. Sehari sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa Hannover Messe 2023 akan membawa masuk nilai investasi yang sangat besar.

“Melalui Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah resmi disepakati, akan ada Rp 30 triliun investasi yang masuk ke Indonesia. Tentunya kami berharap melalui Hannover Messe akan ada lebih banyak lagi investasi yang masuk,” ujar Airlangga. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...