Satu WNI Jadi Korban Kecelakaan Pesawat Ethiopian Airlines

Hari Widowati
11 Maret 2019, 09:35
Ethiopian Airlines
ETHIOPIAN AIRLINES
Pesawat Boeing 737-800 MAX milik Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET 302 mengalami kecelakaan sesaat setelah lepas landas dari Ibu Kota Ethiopia Addis Ababa menuju Ibu Kota Kenya Nairobi. Sebanyak 157 penumpang menjadi korban, termasuk satu warga negara Indonesia (WNI).

Kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET 302 sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Bole, Addis Ababa menelan 157 korban jiwa, termasuk satu warga negara Indonesia (WNI). Kedutaan Besar Republik Indonesia di Addis Ababa, Ethiopia telah menerima pemberitahuan resmi mengenai WNI yang menjadi korban kecelakaan pesawat tersebut.

"KBRI Addis Ababa telah mendapatkan informasi dari kantor Ethiopian Airlines, saat ini Kementerian Luar Negeri dan KBRI Addis Ababa sedang mengonfirmasi identitas dari korban WNI tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu (10/3) malam, sebagaimana dilansir Antara.

Pesawat Ethiopian Airlines ET 302 dengan rute Bandara Bole, Addis Ababa menuju Bandara Nairobi, Kenya lepas landas pada pukul 08.38 waktu setempat. Pada pukul 08.44, pesawat kehilangan kontak dengan menara pengawas. Pesawat jatuh di Kota Bishoftu, sekitar 62 kilometer dari Addis Ababa, Ethiopia. Menurut Flightradar24, pesawat memiliki kecepatan vertikal yang tidak stabil sesaat setelah lepas landas. 

Direktur Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal sebelumnya mengatakan, Kemlu dan KBRI terus berkomunikasi dengan otoritas setempat untuk mendapatkan informasi sevalid mungkin mengenai kemungkinan adanya korban WNI.

Selain WNI, daftar kewarganegaraan penumpang yang menjadi korban adalah warga negara Kenya 32 orang, Kanada 18 orang, Ethiopia 9 orang, Tiongkok 8 orang, Italia 8 orang, Amerika Serikat (AS) 8 orang, Prancis 7 orang, dan Inggris 7 orang. Selain itu, Mesir 6 orang, Jerman 5 orang, India 4 orang, Slovakia 4 orang, Austria, Rusia, Swedia masing-masing 3 orang, serta warga Spanyol, Israel, Maroko, dan Polandia masing-masing 2 orang. Selanjutnya, Belgia, Djibouti, Irlandia, Mozambik, Norwegia, Arab Saudi, Rwanda, Sudan, Somalia, Serbia, Togo, Uganda, Yemeni, Nepal, Nigeria, dan satu orang paspor PBB; masing-masing 1 orang.

(Baca: Kecelakaan JT 610, Menhub Siapkan Sanksi Bagi Lion hingga Boeing)

Boeing Turunkan Tim Teknis

Boeing Co menyatakan duka cita yang mendalam atas kecelakaan pesawat jenis Boeing 737-800 MAX yang merenggut nyawa 149 penumpang dan 8 kru pesawat Ethiopian. "Kami menyampaikan simpati terdalam kepada keluarga dan orang-orang terdekat dari para penumpang dan kru pesawat. Kami juga akan bekerja sama dengan pihak Ethiopian Airlines," demikian pernyataan resmi di situs Boeing, Minggu (10/3).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...