BKPM: Donatur Internasional Tawarkan Dana dan Jasa untuk Tsunami Palu

Ameidyo Daud Nasution
3 Oktober 2018, 14:08
Gempa Palu
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Prajurit TNI mengendong Korban gempa selamat di Bandara Mutiara Sis Aljufri untuk di evakuasi di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9). TNI telah mengevakuasi sebanyak 550 warga menuju Makkasar.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menerima banyak tawaran bantuan dari dunia internasional untuk korban bencana gempa dan tsunami Palu. Dua di antara donatur tersebut adalah raksasa teknologi Google Inc dan Apple Inc, dengan bantuan dana masing-masing sebesar US$ 1 juta atau Rp 15 miliar.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengatakan, masih banyak tawaran bantuan dari perusahaan terkemuka lainnya. Namun, ia belum bisa membuka identitas perusahaan-perusahaan tersebut lantaran harus meminta izin terlebih dahulu.

"Kami tergugah dan bersyukur atas tawaran luar biasa yang masuk dari seluruh dunia," kata Thomas dalam konferensi pers, di Jakarta, Rabu (3/10).

Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook melalui akun Twitter-nya mengatakan, bantuan sebesar US$ 1 juta atau Rp 15 miliar tersebut akan digunakan untuk membangun kembali bangunan dan infrastruktur yang terdampak gempa Sulteng.

Salah satu bank internasional, The Hongkong and Shanghai Bank Corporation (HSBC) juga akan memberi bantuan sebesar Rp 1,8 miliar. Presiden Direktur HSBC Indonesia Sumit Dutta mengatakan, bantuan tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak langsung di Sulawesi Tengah. "Bencana ini telah diberitakan oleh media lokal dan internasional," kata Sumit di kesempatan yang sama.

(Baca: Butuh Dana Besar, Pemerintah Terima Bantuan 18 Negara untuk Gempa Palu)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...