5 Menu Diet Sehat Rendah Kalori dan Sederhana

Image title
6 September 2021, 19:37
Variasi menu diet sehat dapat dikonsumsi dengan bahan makanan sederhana
fox/pexels
Variasi menu diet sehat dapat dikonsumsi dengan bahan makanan sederhana

Gaya hidup sehat dapat dicapai dengan menjaga pola makan yang seimbang dan beraktivitas fisik. Diet sehat tak hanya bertujuan untuk menjaga berat badan seimbang, tetapi juga memperhatikan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan konsumsi makanan yang sehat dan olahraga, Anda dapat menjaga tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit. Kombinasi diet sehat dan olahraga akan membuat Anda merasa dan terlihat lebih baik.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, diet sehat memiliki dampak yang lebih besar pada massa dan kekuatan tulang daripada olahraga. Mengurangi kalori lebih efektif daripada meningkatkan olahraga.

Dengan diet sehat, lebih mudah untuk menurunkan kelebihan kalori daripada membakar lebih banyak kalori melalui peningkatan aktivitas fisik.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), cara menghitung kebutuhan kalori adalah sebagai berikut:

  • Ukur tinggi badan (TB) dalam satuan cm dan berat badan (BB) dalam satuan kg.
  • Hitung berat badan ideal (BBI) dengan rumus BBI = (TB - 100) - (10% dari hasil tinggi badan - 100). Satuan BBI adalah kg/m.
  • Ketahui kebutuhan kalori basal (KKB). Cara menghitung KKB dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Laki-laki = 30 kkal x BBI dan perempuan = 25 kkal x BBI.

Jumlah kalori basal adalah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Jumlah tersebut belum termasuk kebutuhan kalori total.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia, rata-rata kebutuhan kalori total adalah sebesar 2.100 kkal per hari.

Kebutuhan kalori berbeda tergantung jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, keadaan fisik, hingga aktivitas. Kelebihan kalori akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi diet sehat dan beraktivitas fisik penting dilakukan.

Menu Diet Sehat

Diet sehat dan seimbang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kementerian Kesehatan melalui melalui Direktorat  (P2PTM) telah menyusun buku Menu Katering Sehat untuk meningkatkan pengetahuan dan pilihan masyarakat terhadap menu diet sehat.

Berikut ini menu diet sehat dan mengandung jumlah kalori yang baik untuk dikonsumsi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...