Penduduk Indonesia Masih Enggan Berasuransi

Tim Publikasi Katadata

Sabtu 9/6/2018, 05.35 WIB

OJK mencatat pada 2017 indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,8 persen dan tingkat utilitas sebesar 12,1 persen.

Penduduk Indonesia Masih Enggan Berasuransi

Kebanyakan penduduk Indonesia belum menggunakan asuransi. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, tingkat penggunaan dan pemahaman asuransi masih minim. Per 2017, OJK mencatat indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,8 persen dan tingkat utilitas sebesar 12,1 persen.

Data tersebut berarti, dari 100 orang Indonesia, baru 15-16 orang yang memahami lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya sekitar 12 orang yang sudah menggunakan produk ini. Masih rendahnya peminat asuransi ditenggarai beberapa hal, antara lain masih kecilnya pendapatan per kapita masyarakat hingga belum dianggapnya asuransi sebagai kebutuhan pokok.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Asuransi, terutama asuransi kesehatan, merupakan produk keuangan yang penting dimiliki untuk menghadapi risiko kesehatan dan biaya pengobatan yang semakin mahal. Untuk meningkatkan penetrasi asuransi, OJK mendorong pelaku industri asuransi untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya asuransi. Penetrasi juga dapat ditingkatkan dengan memperluas produk kepada kelompok masyarakat yang selama ini belum tersentuh asuransi.


thumbs

Zurich Topas Life (ZTL)

Berkantor pusat di Jakarta, ZTL merupakan bagian dari Zurich Group yang memperluas usahanya di industri asuransi jiwa Indonesia sejak November 2010. ZTL dimiliki oleh Zurich Insurance Company Ltd dan PT Mayapada Prasetya Prakarsa sebagai mitra lokal. Strategi multi-distribusi ZTL menyediakan berbagai pilihan produk dan menjadikan ZTL mampu melayani beragam segmen Nasabah. ZTL memiliki tenaga pemasar yang profesional dan didukung mitra bank berkualitas yang mengerti akan kebutuhan Nasabah. 

PT Zurich Topas Life merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 
Kunjungi www.zurich.co.id untuk informasi lebih lanjut.