11 Rekomendasi Film Romantis Barat

Film romantis barat tak jarang menyajikan cerita cukup erat dengan yang dialami penonton. Berikut 11 film romantis barat yang dapat dijadikan referensi tontonan Anda.
Image title
30 September 2021, 20:45
Film romantis barat
Warner Bros. Pictures
A Star is Born (2018) merupakan film dengan genre drama fomantis

Film romantis merupakan salah satu genre film yang banyak disukai. Cerita cinta yang menyentuh seringkali menjadi daya tarik untuk memikat banyak penonton. 

Jika Anda tertarik menonton genre film serupa, film romantis barat banyak menyajikan cerita cinta nan manis. Mulai dari kisah asmara remaja, hingga konflik pernikahan yang menguji kekuatan cinta. Berikut 11 film romantis barat yang dapat menemani Anda di waktu santai.

1. A Star is Born (2018)

Film bergenre drama musikal romantis ini digarap oleh Bradley Cooper sebagai sutradara. Ia juga ikut terlibat sebagai pemain. Lady Gaga, Andrew Dice Clay, Dave Chappelle, hingga Sam Elliott turut ditampilkan dalam film A Star is Born.

Film ini bercerita tentang seorang musisi bernama Jackson Maine (Bradley Cooper) yang memiliki karier redup. Jackson juga kecanduan alkohol dan obat-obatan. Suatu hari, setelah merampungkan pertunjukannya di California, Jackson Maine pergi ke sebuah bar.

Di sana ada dia menyaksikan live music dengan memiliki vokalis wanita bersuara merdu. Vokalis itu bernama Ally (Lady Gaga).

Tak hanya menjadi penyanyi wanita, Ally juga merupakan seorang pelayan bar di sana. Terpukau dengan suara Ally, Jackson pun mengajaknya berkenalan. Ternyata, Ally juga mahir dalam menulis lirik lagu.

Hari demi hari berjalan, membuat Jackson mengajak Ally untuk tampil di salah satu panggung tur musiknya. Perjalanan musik itu membuat Jackson dan Ally saling jatuh cinta.

Suatu hari, penampilan Ally di salah satu tur musik Jackson menarik perhatian Rez (Rafi Gafron), seorang produser rekaman. Rez menawarkan Ally kontrak kerja sama sebagai penyanyi pop. Jackson, meski sedikit keberatan, tetap mendukung Ally untuk mengejar mimpinya. Dari situlah masalah silih berganti menghampiri hubungan Jackson dan Ally.

Mereka berdua kerap terlibat perselisihan hingga perpisahan karena Jackson harus menjalani program rehabilitasi narkoba serta alkohol.

 2. Midnight Sun (2018)

Film ini menceritakan kisah gadis bernama Katie Price yang mengidap penyakit Xeroderma Pigmentosum (XP), yang membuatnya tidak bisa terpapar sinar matahari.

Sehari-hari, Katie berada di rumah bersama ayahnya, Jack. Sedangkan sang ibu wafat akibat kecelakaan. Ia sering bermain gitar sembari mengamati pria yang ia sukai sejak kecil, Charlie dari jendela rumahnya.

Di malam kelulusannya, Katie bermain gitar di stasiun dan bertemu Charlie secara tidak sengaja. Pertemuan inilah yang mengawali kisah asmara di antara mereka berdua.

Berbagai permasalahan mereka hadapi, namun Katie tidak pernah mengakui bahwa dirinya mengidap penyakit XP kepada sang kekasih.

Film ini mengadaptasi sebagian cerita dari film Jepang, Taiyou no Uta. Tokoh utama wanitanya, Katie yang jago bernyanyi dan memainkan gitar, mengambil karakter Kaoru yang juga mahir di bidang musik.

Hanya saja tokoh utama pria, Charlie, digambarkan sebagai atlet renang, berbeda dari drama aslinya. Beberapa kisah turut mengalami perombakan dan menyesuaikan kondisi remaja Amerika.

3. The Vow (2012)

The Vow berkisah tentang perjuangan seorang suami dalam meraih cinta istrinya yang hilang usai mengalami kecelakaan. Dikisahkan Leo (Channing Tatum) dan Paige (Rachel McAdams) adalah pasangan muda yang belum lama menikah. Suatu ketika saat baru pulang dari menonton bioskop, mereka mengalami kecelakaan.

Paige yang kebetulan sedang melepas sabuk pengamannya, jatuh terpental keluar dari mobil. Sedangkan Leo baik-baik saja dan segera membawa istrinya ke unit gawat darurat. Selama menunggu perawatan dokter, Leo terkenang lagi masa-masa indah bersama istrinya.

Leo mengenang bagaimana mereka bertemu, berkencan, hingga akhirnya menikah dan hidup bahagia. Sayangnya kebahagiaan Leo harus pupus ketika Paige sudah sadarkan diri namun justru tidak mengenal dirinya. Menurut dokter, kecelakaan telah menyebabkan Paige kehilangan sebagian ingatannya.

Terutama ingatan yang berhubungan dengan beberapa kejadian sebelum peristiwa kecelakaan itu. Dengan hati pedih, Leo menghampiri istrinya yang kini mengingatnya sebagai orang asing. Paige tidak mengenali Leo sebagai suaminya atau mengingat bagaimana mereka menikah.

Leo pun berupaya keras agar Piage bisa mengingat dan mencintainya lagi. Namun hal ini tidak mudah karena Leo harus menghadapi tantangan dari ayah Paige yang menginginkan puterinya kembali ke rumah mereka. Serta mantan tunangan Paige, Jeremy (Scott Speedman) yang memanfaatkan kondisi ini untuk merebut hati Paige. 

4. Love, Rosie (2014)

Sejak mereka bertemu di usia 5 tahun, Rosie (Lily Collins) dan Alex (Sam Claflin) telah menjadi teman baik. Mereka menghadapi pasang surut kehidupan dengan tumbuh berdampingan. Tetapi pesta ulang tahun ke-18 Rosie menjadi sebuah insiden yang berdampak besar pada sisa hidupnya.

Itu bermula dari kondisi Rosie yang tidak bisa mengingat apa yang terjadi akibat minum terlalu banyak, dan tidak tertarik untuk membahas apa yang terjadi di antara mereka. Rosie dan Alex pun berencana ke Boston untuk belajar.

Rosie pun kemudian hamil, kemudian membesarkan putrinya dan perlahan-lahan memasuki bisnis hotel. Sementara itu, Alex berlatih sebagai dokter dan jatuh cinta pada seorang gadis Amerika yang cantik tapi manipulatif (Tamsin Egerton).

Momen bersama yang singkat, satu peluang yang terlewatkan, dan keputusan-keputusan berikutnya mengirim hidup mereka ke arah yang benar-benar berbeda. Ketika masing-masing menavigasi kompleksitas kehidupan, cinta, dan segala sesuatu di antaranya, mereka selalu menemukan jalan kembali satu sama lain.

5. La La Land (2017)

La La Land mampu membungkus kisah cinta Mia (Emma Stone), seorang aktris yang bermimpi sukses dalam karirnya dan Sebastian Wilder (Ryan Gosling), seorang pianis jazz yang sama-sama memiliki mimpi besar seperti Mia.

Menceritakan tentang takdir yang mempertemukan Mia dan Sebastian di tengah kemacetan kota Los Angeles, hingga akhirnya mereka dipertemukan kembali dalam sebuah pesta yang berisi sekumpulan sosialita atau bahkan para social climber.

Kisah cinta yang lebih dewasa ini menampilkan sosok Mia yang berusaha mengajak Sebastian untuk mengetahui lebih dalam soal passion-nya dalam dunia akting, begitu juga sebaliknya.

Masing-masing mempunyai mimpi yang kuat tentang masa depan, Sebastian ingin membuka sebuah jazz club dan butuh banyak dana untuk mewujudkannya. Sedangkan Mia ingin mengejar mimpinya untuk menjadi seorang aktris besar.

Terdapat petualangan serta perjuangan yang mengesankan pada masing-masing karakter dalam mewujudkan mimpi-mimpi nya. 

Chemistry yang dibangun Ryan dan Emma mampu membuat penonton terhanyut dalam alur cerita serta alunan lagu-lagu yang dinyanyikan dan ditampilkan para pemain.

Film bertemakan drama musikal ini berhasil memenangkan beberapa ajang bergengsi seperti, Golden Globes dan BAFTA 2017 sebagai salah satu film terbaik.

6. Marriage Story (2019)

Kisah yang diangkat dalam film ini sedikit berbeda dibanding film romantis barat lainnya. Marriage Story adalah film drama komedi yang ditulis dan disutradarai Noah Baumbach.

Film ini dibintangi Scarlett Johansson, Adam Driver, Laura Dern, Alan Alda, dan Ray Liotta. Charlie Barber (Adam Driver) adalah sutradara teater yang tinggal di Kota New York bersama istrinya, Nicole (Scarlett Johansson) yang merupakan mantan aktris film remaja. Keduanya telah dikarunia seorang putra bernama Henry Barber.

Namun, di usia pernikahannya yang masih muda, mereka mengalami keretakan rumah tangga dan berusaha menyelesaikannya dengan meminta bantuan dari konselor.

Sang konselor meminta keduanya untuk menuliskan semua hal yang disukai dari satu sama lain, kemudian membacakan tulisannya. Namun, Nicole tidak ingin melakukan hal itu dan proses konseling pun gagal.

Mereka selanjutnya menjalani kehidupan rumah tangga yang hambar, tidur terpisah sembari merawat putra semata wayangnya yang masih menginjak sekolah dasar.

Suatu waktu, Nicole menerima tawaran untuk tampil di sebuah serial televisi yang produksinya berada di Los Angeles. Ia bersama Henry lalu tinggal sementara bersama ibunya di West Hollywood, sedangkan Charlie tetap berada di New York untuk mementaskan dramanya di Broadway.

Saat Charlie mengunjungi keluarga mertuanya di Los Angeles, ia menerima dokumen perceraian yang diajukan oleh Nicole.

7. Her (2013)

Mengambil latar kehidupan di masa depan, kisah romantis ini dibilang tidak wajar antara seorang pria dan sebuah mesin. Sebuah mesin artificial intelligence (AI) bernama Samantha bisa benar-benar menjadi teman ngobrol manusia bahkan mampu memberikan perhatian layaknya seorang kekasih. Hal ini buat Theodore Twombly (Joaquin Phoenix) pun cukup nyaman dengan mesin satu ini.

Setiap hari, mereka saling berbicara tentang apa saja, termasuk masalah hidup dan cinta. Lambat laun, Theodore merasa jatuh cinta dengan Samantha, sang sistem operasi komputer tersebut. Samantha membujuk Theodore untuk melakukan kencan buta dengan seorang perempuan (Olivia Wilde) untuk mengobati luka hatinya.

Awalnya proses kencan buta berjalan baik tetapi Theodore mulai ragu dan perempuan tersebut memilih menghindar.

Setelah kejadian itu, Theodore tetap berkomunikasi dengan Samantha dan semakin jatuh hati padanya. Bagi Theodore, hanya Samantha lah yang memahami semua permasalahan yang dia alami. Namun, Samanta hanyalah sistem operasi komputer yang tidak memiliki bentuk fisik.

8. Call Me by Your Name (2017)

Pencarian jati diri melalui cerita cinta yang pelik menjadi premis utama yang diangkat dalam film garapan Luca Guadagnino. Elio Parlman (Timothee Chalamaet) seorang pemuda berusia 17 tahun dengan balutan fisik dan kemampuan yang diidamkan oleh hampir semua remaja seumurannya diam-diam terpesona dengan kehadiran Oliver (Armie Hammer).

Oliver sendiri adalah murid dari ayah Elio yang diundang secara khusus untuk tinggal bersama di vila ayah Elio. Seperti remaja yang baru menikmati masa puber, Elio ragu akan perasaannya sendiri, apakah ini benar perasaan suka atau hanya kekaguman belaka. Apalagi, situasi cinta yang dialaminya bukanlah hal yang bisa diterima secara umum.

Seiring berjalannya waktu, Elio memang menaruh rasa pada Oliver, yang berujung pada pertanyaan terhadap jati dirinya sendiri.

9. The Notebook (2004)

The Notebook merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel karya Nicholas Sparks dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan Allie Hamilton yang di perankan Rachel McAdams dan Noah Calhoun yang diperankan Ryan Gosling.

Mereka terjebak dalam sebuah cinta yang ceritanya layak untuk di saksikan. Dengan latar cerita tahun 1940-an dan Anda tidak akan kehilangan intisari ceritanya.

Cinta Noah dan Allie sempat terhalang restu orang tua Allie dikarenakan status sosial Noah yang berbeda dengan keluarganya. Perjuangan mereka pun diuji, ketika Allie dinikahkan dan terpaksa meninggalkan Noah.

Berselang tahun mereka berjumpa lagi dan saling mengungkapkan kekecewaan terhadap satu sama lain. Namun akhirnya kemudian sebuah fakta terungkap. Yakni Noah tak pernah berhenti mencintai Allie dan begitu juga sebaliknya.

10. 500 Days of Summer (2009)

Film romantis barat ini dimulai dari suara narasi yang berbunyi “This is a story of boy meets girl. But you should be known in advance, this is not a love story.”

Karena sudah ditegaskan kalau ini bukan cerita cinta, meski ada adegan dan nuansa romantis yang tercipta. Tom (Joseph Gordon-Levitt) yang tak bisa memalingkan pandangannya dari pesona yang dimiliki Summer (Zooey Deschanel) yang tak lain adalah teman sekantornya yang baru.

Tom sebenarnya dilatih untuk menjadi seorang arsitek, tapi dia justru bekerja sebagai penulis di sebuah perusahaan kartu ucapan di Los Angeles. Ia sudah menyukai Summer sejak pertemuan pertama mereka.

Tom semakin yakin dengan perasaannya saat mengetahui Summer memiliki selera musik yang sama. Namun, Tom masih menyembunyikan perasaannya karena Summer mengaku tak memercayai cinta.

Pandangan Summer mulai berubah saat McKenzie (Geoffrey Arend) tak sengaja mengungkapkan kalau Tom menyukainya. Beberapa hari kemudian, Summer mencium Tom di kantor.

Sejak saat itu, hubungan keduanya pun semakin dekat dan mereka sering berkencan. Sayangnya, Summer tak kunjung memberi Tom kepastian akan hubungan mereka.

Barulah pada suatu malam, usai keduanya bertengkar, Summer meresmikan hubungan mereka. Namun, ia tak bisa berjanji kalau perasaannya akan selalu sama. Beberapa bulan kemudian, Summer tampaknya mulai bosan dengan Tom.

Tom kemudian melakukan segala cara untuk mempertahankan hubungan mereka. Sayang, tekad Summer untuk mengakhiri hubungan mereka sudah bulat. Sejak saat itu, Tom mulai tenggelam dalam depresi dan Summer keluar dari pekerjaannya.

11. Five Feet Apart (2019)

Film Five Feet Apart yang tayang di bioskop 15 Maret 2019 berkisah tentang  Stella Grant (Haley Lu Richardson) merupakan gadis berusia 17 tahun dengan penyakit langka, cystic fibrosis.

Ini adalah penyakit genetika yang mengakibatkan lendir-lendir dalam tubuh menjadi kental sehingga menyumbat beberapa saluran terutama pernapasan dan pencernaan.

Bermula saat Stella berlibur ke pantai bersama temannya, mendadak ia jatuh pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. Ternyata Stella divonis mengidap penyakit langka tersebut.

Penyakit langka ini butuh perawatan yang terbilang ketat dari tim medis. Hal ini mengharuskan Stella banyak menghabiskan hidupnya di rumah sakit.

Seringnya berada di rumah sakit, membuat dia bertemu dengan pasien cystic fibrosis lainnya bernama Will Newman. Memiliki kesamaan penyakit yang diderita dan seringnya interaksi membuat mereka saling menaruh hati, kemudian menjalin hubungan asmara.

Pertemuan Stella dan Will berawal saat Will datang ke rumah sakit untuk mencoba obat percobaan untuknya. Ini lantaran Will memiliki sifat pemberontak karena prognosisnya kerap tidak sesuai harapan.

Stella yang tak tinggal diam, lantas meminta Will untuk mengikuti setiap aturan yang dianjurkan dokter untuknya.

Selain Will Newman, Stella juga banyak mengenal tim medis yang merawatnya. Ia bahkan menganggap perawat dan dokter yang merawatnya layaknya teman. Salah seorang perawat bernama Barbara (Kimberly Hebert Gregory) menjadi yang paling akrab dengan Stella.

Perawat itu tahu seluruh rutinitas Stella selama di rumah sakit. Mulai dari hal yang disukai dan hal lainnya yang membuat Stella nyaman seperti boneka panda kesukaan, hingga kebiasaannya aktif dalam membuat vlog.

 

Walaupun Stella dan Will mengetahui tidak memiliki harapan hidup yang lama, pada sinopsis film Five Feet Apart ini, keduanya diceritakan saling mencintai karena keadaan dan intensitas pertemuan yang tinggi.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait