20 Rekomendasi Drama Korea Komedi Romantis Ini Siap Mengocok Perut

Ada sederet drama Korea komedi romantis yang dapat menjadi pilihan tontonan Anda. Katadata menyajikan 20 rekomendasi drama komedi romantis, mana yang paling mengocok perut sekaligus bikin jatuh cinta?
Image title
15 September 2021, 21:45
Drama korea komedi romantis
MBC
She Was Pretty juga merupakan salah satu drama korea komedi romantis yang kocak dan menghibur

Mengulas serial televisi bergenre komedi romantis, rasanya tidak akan lengkap tanpa menyinggung drama dari Korea Selatan. Industri pertelevisian Negeri Ginseng dikenal kerap menyajikan tontonan menarik, seperti drama Korea komedi romantis.

Cerita yang unik, penuh teka-teki, hingga berbumbu komedi menjadi unggulan para produser drama Korea. Berikut 25 rekomendasi drama Korea komedi romantis menurut Katadata yang bisa masuk daftar tontonan alias watching list Anda.

1. When the Camellia Blooms (2019)

Drama Korea komedi romantis yang dibintangi Gong Hyo Jin dan Kang Ha Neul ini disajikan dengan total 40 episode. Bahkan, episode 39 dan 40 dari drakor terbaik ini memperoleh rating rata-rata 19,7% dan 23,8% untuk masing-masing episode secara nasional.

When the Camellia Blooms menceritakan kehidupan seorang ibu tunggal bernama Oh Dong-baek (Gong Hyo Jin) yang pindah ke Ongsan dan membuka sebuah bar bernama Camellia. Salah satu drama Korea romantis 2019 ini menarik untuk ditonton, karena cerita yang disampaikan erat bersinggungan dengan kehidupan nyata seorang single parent.

2. Oh My Baby

Drama KoreaOh My Baby dibintangi Jang Na-ra ini menceritakan seorang wanita berusia 39 tahun bernama Jang Ha-ri (Jang Na-ra) yang ingin memiliki seorang anak tanpa menikah.

Jang Ha-Ri merupakan wakil kepala departemen di sebuah majalah parenting. Dia sangat tekun dalam bekerja, cantik, dan berbakat, tapi payah dalam hal percintaan. Saat menyerah dengan cinta dan ingin memiliki anak tanpa menikah, dia justru bertemu dengan tiga laki-laki yang mewarnai kehidupannya.

3. Terius Behind Me

Dibintangi aktor dan aktris ternama, drama Terius Behind Me merupakan drama Korea romantis komedi terbaik yang wajib ditonton. Bercerita tentang seorang wanita, Go Ae Rin (Jung In Sun) yang tiba-tiba kehilangan suaminya, sehingga harus menjadi orang tua tunggal bagi kedua anaknya.

Di sisi lain, Kim Bon (So Ji Sub) merupakan seorang mantan agen NIS (National Intelligence Service) yang  berusaha mencari tahu siapa pembunuh kekasihnya. Dalam usahanya tersebut, Kim Bon rela menyamar menjadi seorang pengasuh anak-anak Ae Rin yang kebetulan bertetangga dengannya. Seiring berjalannya waktu, Kim Bon akhirnya jatuh hati dengan Ae Rin. Melalui janda dua anak itu, akhirnya Kim Bon mendapat jawaban atas misinya selama ini.

4. Fight for My Way

Menjadi salah satu serial drama yang paling populer di tahun penayangannya, drama Korea komedi romantis berjudul Fight For My Way wajib jadi tontonan pilihan. Drama Korea yang dirilis bercerita tentang dua anak muda, Ko Dong Man (Park Seo Joon) dan Choi Ae-ra (Kim Ji Won) yang berusaha mewujudkan mimpinya. Di tengah upaya keduanya, mereka justru terjebak friend zone.

Dibalut tingkah kocak keduanya, kisah cinta Dong Man dan Choi Ae-ra dalam drama Korea komedi romantis 2017 ini sukses mengundang tawa para penonton.

5. What's Wrong with Secretary Kim

Satu lagi drama Korea bergenre komedi romantis yang dibintangi Park Seo Joon. Diangkat dari novel berjudul sama, What's Wrong with Secretary Kim menceritakan wakil direktur narsis, Lee Young Joon (Park Seo Joon) dan sekretarisnya, Kim Mi So (Park Min Young).

Setelah sembilan tahun bekerja dengan Young Joon, Mi So tiba-tiba mengajukan pengunduran diri dari posisinya sebagai sekretaris di perusahaan tersebut. Namun, Young Joon berusaha menggagalkan pengunduran diri Mi So ketika mendengar kabar tersebut. Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka pun berubah, dari hanya sekretaris dan atasan menjadi pasangan kekasih.

6. Romantic Doctor, Teacher Kim 2

Drama ini merupakan sekuel dari drama Dr. Romantic tahun 2016. Romantic Doctor, Teacher Kim 2 menjadi salah satu drama Korea tentang dokter yang layak kamu tonton. Drama korea romantis ini menceritakan dokter ahli bedah, Kim Sa Bu (Han Suk Kyu) yang sempat bekerja di rumah sakit besar di Korea.

Pertemuannya dengan dua orang dokter magang, Cha Eun Jae (Lee Sung Kyung) dan Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop) rupanya memberikan pelajaran hidup tersendiri bagi mereka berdua.

7. Crash Landing on You

Drama ini rilis di tahun 2020 dan memiliki 16 episode, bercerita tentang Yoon Se-Ri (Son Ye-Jin), seorang pewaris harta konglomerat di Korea Selatan.

Suatu hari, saat paralayang Yoon Se Ri mengalami kecelakaan akibat angin kencang dan membuatnya darurat di Korea Utara. Di sana, dia bertemu Ri Jeong-Hyeok (Hyun-Bin), yang merupakan perwira tentara Korea Utara. Kapten Ri mencoba melindungi dan menyembunyikan Se Ri, sampai kemudian keduanya jatuh cinta

8. Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo

Kim Bok-Joo (Lee Sung-Kyung) adalah atlet angkat besi wanita di perguruan tinggi terbaik. Ayahnya menjalankan restoran ayam kecil dan pamannya ingin menjadi aktor. Dia memiliki kepribadian ceria dan menjunjung keadilan.

Sementara itu, Jung Joon-Hyung (Nam Joo-Hyuk) adalah perenang di perguruan tinggi yang kerap didiskualifikasi saat perlombaan. Dia berusia 21 tahun dan memiliki jiwa bebas. 

9. Welcome to Waikiki

Drama komedi romantis ini memiliki dua season, bercerita tentang Kang Dong-Goo (Kim Jung-Hyun) yang bermimpi menjadi sutradara film, namun selalu bernasib buruk. Di sisi lain ada Cheon Joon-Ki (Lee Yi-Kyung) yang ingin mengikuti jejak ayahnya menjadi aktor, tapi dia hanya aktor kecil.

Bong-Doo-Sik (Son Seung-Won) datang ke Seoul untuk menjadi penulis skenario, tetapi itu tidak mudah baginya. Ketiga pria ini mengelola wisma Waikiki di Itaewon, Korea Selatan. Kemudian, wisma mereka menghadapi kebangkrutan, disusul munculnya bayi misterius dan ibu tunggal di Waikiki.

10. Itaewon Class

Diadaptasi dari webtoon dengan judul serupa, drama Itaewon Class menawarkan alur cerita menarik. Penonton yang pas ditonton buat kamu yang sedang cari rekomendasi drama Korea romantis 2020.

Drama ini mengisahkan Park Sae Ro-yi (Park Seo Joon) yang mencoba melawan ketidakadilan atas kematian ayahnya yang merupakan karyawan perusahaan makanan besar di Korea Selatan.

Anak dari CEO perusahaan tempat ayahnya bekerja yaitu Jang Geun Won (Ahn Bo Hyun) merupakan orang yang menjadi penyebab tewasnya ayah Sae Ro-yi. 

Tak tinggal diam, Sae Ro-yi bekerja sama dengan Jo Yi Seo (Kim Da Mi) untuk membuka bisnis restoran makanan di Itaewon demi mengalahkan bisnis ayahnya Geun Won untuk balas dendam.

11. Cheese in the Trap

Cheese In The Trap berkisah tentang persaingan sengit dua mahasiswa sebagai awal kisah romantis mereka. Hong Seol (Kim Go Eun) dan Yoo Jung (Park Hae Jin) tengah menempuh pendidikan di universitas yang sama. Drama ini berfokus pada kehidupan percintaan mahasiswa di kampus, khususnya hubungan antara Hong Seol (Kim Go-eun) dan seniornya Yoo Jung (Park Hae-jin).

Keduanya memiliki latar belakang kehidupan yang jauh berbeda. Hong Seol dikenal sebagai sosok wanita cerdas dan pekerja keras. Demi membiayai kuliahnya, Hong Seol bahkan memiliki pekerjaan paruh waktu.

Di sisi lain, Yoo Jung adalah senior Hong Seol yang tampan, atletis, cerdas, dan memiliki kepribadian yang ramah. Namun di balik itu semua, Yoo Jung ternyata menyimpan rahasia yang kelam tentang kehidupannya.

12. Vincenzo

Vincenzo merupakan drama tentang karakter bernama Vincenzo Cassano, seorang pengacara dan mafia Italia, keturunan Korea. Dia diadopsi oleh keluarga Italia saat usia muda. Saat kembali ke Korea karena konflik dalam organisasinya di Italia, dia bertemu dengan pengacara Hong Cha Young. Berdua, mereka bergabung untuk memberi hukuman bagi penjahat yang tidak bisa dihukum dengan hukum pengadilan. Drama ini juga membawa alur cerita unik, lucu dan sulit ditebak.

Vincenzo menjadi perbincangan sejak perilisannya di awal 2021 lalu. Alur cerita yang menegangkan, penuh teka-teki dan menggelitik, membuatnya dibanjiri penonton.

13. Jealousy Incarnate

Lee Hwa Shin adalah pembawa acara tampan dengan bakat jurnalistik terkenal, keluarga kaya dan berpendidikan, menjadi pria ideal idaman para wanita. Lee Hwa Shin juga pekerja keras dalam karirnya sebagai pembawa acara, tak hanya itu dia juga sangat tekun dalam mengejar cinta sejatinya

Namun, dia juga menemukan pesaing sengit lainnya dan ahli ilmu meteorologi, Pyo Na Ri. Dia tidak memiliki profil pekerjaan yang bersinar dari rekan kerjanya. Kendati memiliki penampilan agak norak, dia memiliki sebuah ambisi besar. Na Ri dalam pekerjaan merupakan pekerja keras untuk mencapai posisinya.

14. It's Okay to Not Be Okay

Drama ini mengisahkan seorang pria yang tidak percaya akan cinta, dan seorang wanita yang tidak tahu apa itu cinta. Keduanya akhirnya justru jatuh cinta. Keduanya akhirnya menemukan jiwa dan identitas mereka masing-masing dalam proses tersebut. Moon Tae Kang (Kim Soo Hyun) adalah seorang tenaga kesehatan komunitas di sebuah bangsal psikiatris.

Moon Kang Tae adalah tipe seorang pria yang diberkati dengan segala sesuatu, termasuk tubuh yang keren, kecerdasan, kemampuan untuk bersimpati dengan orang lain, kesabaran, kemampuan untuk bereaksi dengan cepat, stamina, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, Moon Kang Tae memiliki saudara yang menunjukkan gejala autisme dan delapan tahun lebih tua darinya, dan dia adalah Moon Sang Tae (Oh Jung Se).

Adapun pekerjaan Moon Kang Tae di rumah sakit hanya menulis kondisi pasien dan menyelesaikan sejumlah situasi tak terkendali, seperti pertengkaran antara pasien, pasien kabur, dan lain sebagainya. Di sana pula, Moon Tae Kang akhirnya bertemu dengan Ko Moon Young (Seo Ye Ji), penulis buku anak-anak terkenal, tetapi ia memiliki kepribadian sombong, egois dan kasar.

15. My Love from Another Star

Drama Korea ini bercerita tentang seorang manusia alien bernama Do Min Joon (Kim Soo Hyun). Ia mendarat di Bumi pada 1609 zaman Dinasti Joseon. Kemudian, dia menolong seorang gadis yang jatuh ke jurang dan tertinggal dari rombongannya.

Min Joo kemudian menetap di bumi selama 400 tahun sambil menunggu pesawat alien datang menjemputnya. Selama hidup di bumi, Min Joo tidak pernah menua. Oleh sebab itu, dia harus mengganti identitasnya setiap 10 tahun sekali.

Tiga bulan sebelum pesawat alien menjemputnya, Min Joo bertemu Cheon Song Yi (Jun Ji Hyun), aktris terkenal Korea Selatan yang sombong namun jenaka.

Pertemuan Min Joo dengan Song Yi berhasil memberikan warna lain dalam hidup Min Joo yang selama ini selalu sendirian dan sepi. Sadar dia akan segera pulang ke tempat asalnya, Min Joo berusaha menjauhi Song Yi namun selalu gagal. Min Joo justru jatuh cinta padanya.

16. Legend of the Blue Sea

Legend of the Blue Sea menceritakan kehidupan Heo Hoon-jae, seorang penipu ulung yang amat menggemari barang-barang antik. Pada suatu hari, dia bertemu dengan perempuan aneh yang tiba-tiba berada di kamar hotelnya.

Alih-alih menyerahkan perempuan tersebut ke kantor polisi, Heo Joon-jae malah mempertahankan orang itu karena memiliki gelang antik bernilai tinggi. Heo Joon-jae bahkan mulai mendekati, merawat, dan menamai perempuan aneh tersebut sebagai Shim Cheong.

Berawal dari sebuah benda antik, Heo Joon-jae perlahan memiliki hubungan yang rumit dengan Shim Cheong karena menyangkut takdir, nasib, serta reinkarnasi.

Hubungan keduanya diperburuk dengan kondisi sekitar, seperti rekan Heo Joon-jae yang hanya memikirkan uang, kondisi fisik Shim Cheong, hingga teman lama Heo Joon-jae.

17. Strong Girl Bong-soon

Strong Woman Do Bong Soon menampilkan cinta segitiga Park Bo Young, Park Hyung Shik, dan Ji Soo. Drama Strong Woman Do Bong Soon mengisahkan Do Bong Soon (Park Bo Young), seorang wanita mungil pengangguran. Meski berbadan kecil, Bong Soon punya kekuatan super.

Perempuan di keluarga Bong Soon dianugerahi kekuatan yang harus digunakan untuk kebaikan. Jika disalahgunakan, kekuatan mereka bakal hilang. Saat sedang melawan preman yang mengganggunya, Do Bong Soon bertemu Ahn Min Hyuk (Park Hyung Sik), CEO perusahaan gim Ainsoft.

Ahn Min Hyuk melihat kekuatan super Bong Soon. Dia pun meminta Bong Soon untuk menjadi pengawal pribadinya. Min Hyuk pun perlahan jatuh cinta pada Bong Soon. Namun, Bong Soon menyukai sahabatnya, seorang polisi bernama In Guk Doo (Ji Soo).

Bong Soon juga dihadapkan serangkaian kejahatan di kampung halamannya yang membuatnya harus turun tangan. Namun, hidup Bong Soon justru mengalami sejumlah kekacauan.

18. Mr. Queen

Mr. Queen mengisahkan jiwa seorang laki-laki di zaman modern yang tiba-tiba masuk ke dalam tubuh seorang putri petinggi Dinasti Joseon. Jang Bong-hwan (Choi Jin-hyuk) merupakan koki Kepresidenan Korea Selatan yang andal. Namun, dia sombong dan sering "bermain" perempuan.

Permasalahan dimulai saat Bong-hwan membuka mata suatu hari, namun jiwanya berada di dalam tubuh Kim So-yong (Shin Hye-sun), putri dari Dinasti Joseon. Sejak saat itu, Bong-hwan harus menyesuaikan diri sebagai seorang perempuan, meski jiwanya seorang pria.

Lucunya, Bong-hwan beberapa kali berupaya menciptakan kondisi agar kembali ke tubuh aslinya. Masalah terus bertambah ketika So-yong akan segera menikah dengan Raja Cheoljong (Kim Jung-hyun), Karena berada di tubuh So-yong, ia pun terpaksa terlibat dalam politik kerajaan. Hal itu membuat Bong-hwan semakin gencar mengupayakan bisa kembali ke tubuh aslinya. 

19. True Beauty

Drama Komedi romantis True Beauty pada dasarnya diangkat dari kisah Webtoon berjudul The Secret Angle. Kisah itu sendiri menceritakan tentang sosok Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) yang kerap mendapat perlakuan buruk dari teman sekolahnya dan membuatnya menjadi pribadi kurang percaya diri karena penampilanya.

Akhirnya Ju-Kyung berusaha mengubah penampilannya dengan merias diri dan menyembunyikan wajah aslinya di balik riasan setelah pindah ke sekolah baru.

Konflik mulai muncul setelah Ju-Kyung menaruh rasa pada sosok pria cerdas, tampan dan populer bernama Lee Su Ho (Cha Eun Woo) yang mengetahui sosok asli Ju Kyung tanpa riasannya. Di sisi lain, kecantikan Ju-Kyung sendiri berhasil menarik perhatian pemuda populer dan tampan lainnya, yakni Han Seo Jun (Hwang In Yeop) dengan image bad boy-nya.

20. She was Pretty

Sejak diluncurkan 2015 lalu, drakor komedi romantis besutan MBC TV itu masih menjadi rekomendasi drama Korea komedi romantis yang wajib ditonton. She was Pretty bercerita tentang Kim Hye-jin (Hwang Jung-eum) yang memiliki paras cantik saat kecil. Namun, seiring bertambahnya usia, fisiknya pun berubah.

Selanjutnya, dia dipertemukan kembali dengan sahabat kecilnya bernama Ji Sung-joon (Park Seo-joon), dan keadaan pun berbalik. Ji Sung-joon yang masa kecilnya sering diolok-olok karena memiliki badan besar, tumbuh menjadi seorang pria sukses dan tampan. Hal tersebut membuat Kim Hye-jin malu hingga meminta teman baiknya bertemu dengan Ji Sung-joon dan berpura-pura menjadi dirinya.

Tak hanya menyuguhkan lika-liku cerita cinta antara Kim Hye-jin dan Ji Sung-joon, drama ini juga memberikan pesan hangat tentang bagaimana cara mencintai diri sendiri. Selain itu, kemunculan Choi Si-won yang merupakan personil boyband Super Junior, juga memberikan sentuhan komedi lewat karakter yang konyol.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait