5 Tempat Wisata di Jawa Timur Terpopuler yang Memukau

Image title
23 Agustus 2021, 17:30
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur (18/10/2019). Taman nasional tersebut merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur (18/10). Taman nasional tersebut merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur.

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan Surabaya sebagai ibu kota provinsi. Provinsi ini berbatasan dengan Jawa Tengah pada sebelah barat dan Selat Bali pada bagian timur.

Provinsi ini memiliki luas wilayah sebesar 47.963 kilometer persegi yang meliputi dua bagian utama, yaitu Jawa Timur daratan dan Kepulauan Madura. Secara  administratif, Jawa Timur terbagi menjadi 29 kabupaten dan sembilan kota. Angka ini menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi yang memiliki jumlah kabupaten atau kota terbanyak di Indonesia. 

Advertisement

Secara fisiografi geologi, Provinsi Jawa Timur dapat dikelompokkan menjadi tiga zona yaitu zona selatan (plato), zona tengah (vulkanik), dan zona utara (lipatan). Pada zona tengah terdapat daerah Ngawi, Blitar, Malang, hingga Bondowoso yang memiliki tanah yang cukup subur.

Sementara pada bagian utara mulai dari Bojonegoro, Tuban, Gresik, hingga Pulau Madura terdapat Pegunungan Kapur Utara dan Pegunungan Kendeng yang relatif tandus. Pesona Jawa Timur dapat dinikmati dari berbagai wisata yang ada di provinsi ini.

Mulai dari wisata sejarah, alam, hingga wisata modern, Jawa Timur punya semuanya. Simak ulasan wisata di Jawa Timur berikut ini.

1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terkenal karena keindahannya. Lokasinya di sebelah timur kota Malang dan Lumajang, di sebelah selatan Pasuruan dan Probolinggo, dan di sebelah tenggara Surabaya.

Taman nasional ini adalah satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir, yaitu Laut Pasir Tengger. Di seberangnya terdapat kaldera gunung berapi purba tempat munculnya empat kerucut gunung berapi baru.

Pengunjung dapat melihat ragam pemandangan indah yang mencakup area seluas 5.250 hektare pada ketinggian sekitar 2.100 meter. Tinggi Gunung Semeru mencapai 3.676 meter dan merupakan puncak tertinggi di Jawa.

Kaldera Tengger merupakan kaldera terbesar di Jawa dengan 10 kilometer lautan pasir tandus seperti gurun. Suhu di puncak Gunung Bromo berkisar antara lima sampai 18 derajat Celcius. Pengunjung juga akan terpesona dengan lautan pasir yang menjadi jalan menuju puncak Bromo.

Gerbang utama menuju lautan pasir dan Gunung Bromo adalah melalui Cemoro Lawang. Jalur ini adalah area kunjungan yang paling ramai, terutama pada hari libur. Ada banyak jenis kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan ini seperti berkemah, menyaksikan pemandangan, menunggang kuda ke lautan pasir atau berjalan kaki.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen
Kawah Ijen (geopark.bondowosokab.go.id)

Dataran Tinggi Ijen atau dikenal sebagai Kawah Ijen terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah aktif ini berukuran 950 kali 600 meter dan terletak di puncak Gunung Ijen. Kawahnya memiliki warna pirus yang indah sehingga membuat siapa saja yang melihatnya terpesona.

Wisatawan yang datang ke Kawah Ijen juga dapat menyaksikan fenomena api biru atau blue fire. Pengunjung harus mendak dahulu selama dua jam hingga puncak, diikuti dengan pendakian 45 menit ke tepi kawah.

Api biru adalah fenomena dari gas belerang yang muncul dari retakan pada suhu sekitar 600 derajat Celcius. Nyala api bisa mencapai tinggi 5 meter. Untuk bisa melihatnya, Anda harus mulai mendaki pada pukul 01.00 atau 02.00 dini hari

Bagi masyarakat sekitar, Kawah Ijen juga memberikan manfaat ekonomi. Mereka menggunakan kawah sebagai lokasi penambangan batu belerang. Setiap hari, mereka membawa keranjang berisi bongkahan belerang yang diambil dari bagian bawah kawah.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement