5 Rekomendasi Wisata Pantai Sukabumi Indah nan Mempesona

Berikut adalah lima rekomendasi wisata pantai Sukabumi yang indah untuk dinikmati baik bersama kawan, pasangan atau keluarga.
Image title
17 November 2021, 18:15
Suasana Pantai Cimaja sebagai wisata pantai Sukabumi di kala senja
Traveloka
Suasana Pantai Cimaja sebagai wisata pantai Sukabumi di kala senja

Sukabumi kini sudah menjadi salah satu wilayah metropolitan di Jawa Barat. Wilayah ini sebelumnya kaya akan perkebunan, sekaligus turut mendorong industri teh. Seiring waktu, wisata pantai Sukabumi juga ikut meramaikan kota dengan jumlah penduduk 353.455 jiwa ini.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, butuh waktu 4-5 jam sampai ke Sukabumi. Jarak tempuh tersebut bisa ditembus baik menggunakan kendaraan pribadi dan juga transportasi umum. Namun, akan lain cerita jika Anda terjebak macet, terlebih jika akhir pekan tiba.

Umumnya, tujuan para pelancong ke Sukabumi untuk menyaksikan keindahan Pantai Pelabuhan Ratu. Padahal, wisata pantai Sukabumi masih memiliki banyak pilihan lain. Setidaknya ada lima pantai lain yang layak disebut sebagai surga bumi karena keindahan pesonanya.

5 Pantai Sukabumi Wajib Masuk Daftar Wisata

Berikut lima daftar wisata pantai Sukabumi dengan panorama dan keindahan alamnya tak kalah dengan di Bali.

1. Pantai Amanda Ratu

Pilihan wisata pantai Sukabumi pertama adalah Pantai Amanda Ratu. Area wisata ini memiliki julukan sebagai pantai Sukabumi rasa Bali. Pasalnya, pesona dan keindahan yang eksotis bisa ditemukan dengan banyaknya nyiur pohon kelapa dan tebing batu di berbagai sisi pantai.

Pantai Amanda Ratu berlokasi di Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Jarak Pantai Amanda Ratu sendiri hanya sekitar 8,5 kilometer dari pusat Ujung Genteng.

Asal mula nama Amanda Ratu mengacu dari lokasi pantai yang terletak di area resort mewah bernama Villa Amanda Ratu. Setiap hendak mengunjungi pantainya, para wisatawan harus melewati resort mewah Amanda Ratu terlebih dahulu. Alhasil, pantai tersebut lebih dikenal dengan nama Pantai Amanda Ratu.

Pantai ini menyediakan berbagai fasilitas wisata yang menambah kenyamanan para pelancong. Tak jarang, wisata pantai Sukabumi ini dipromosikan lewat cerita dari mulut ke mulut, baik keindahannya ataupun misteri yang menyertainya.

 2. Pantai Batu Naga

Rekomendasi pilihan wisata pantai Sukabumi yang kedua adalah Pantai Batu Naga. Asal-usul namanya berasal dari Batu Punggung Naga atau dikenal Batu Naga. Batu Punggung Naga adalah batuan berbentuk duri hasil sedimentasi batu berusia jutaan tahun di Ciletuh Palabuhanratu Geopark.

Kawasan Batu Naga kerap dikunjungi oleh peneliti, wisatawan dan mahasiswa dengan berbagai macam tujuan. Bahkan dari cerita masyarakat yang beredar, banyak juga yang berusaha mencari hal-hal gaib di lokasi tersebut.

Selain batu unik dan bersejarah yang menarik banyak orang, Pantai Batu Naga juga kerap menjadi tujuan wisata. Selain bermain air dan menikmati pemandangan matahari terbenam, banyak wisatawan mengambil foto lanskap dan swafoto di sini.

3. Pantai Cibangban

Jika Anda bosan dengan suasana pantai yang ramai, Pantai Cibangban bisa jadi solusinya. Wisata pantai Sukabumi ini berjarak 10 kilometer dari Pantai Pelabuhanratu, sehingga bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Pantai Cibangban memiliki air laut jernih dan pasir hitam keabu-abuan dan ombak kecil. Oleh karena itu, pantai di Sukabumi aman untuk anak-anak bermain air maupun orang dewasa yang ingin berenang. Usai beraktivitas di pantai ini, Anda bisa membersihkan diri di toilet yang sudah disediakan pengelola yang notabennya merupakan warga sekitar.

 4. Pantai Cikembang

Bila Anda gemar berjelajah mencari sesuatu baru untuk piknik, maka Pantai Cikembang bisa jadi solusi. Pasalnya, Pantai Cikembang berada di lokasi tersembunyi, yaitu di Pasir Biru, Cisolok. Perjalanan ke Pantai Cikembang dari Pelabuhan Ratu memerlukan sekitar 40 menit dengan kendaraan pribadi. Anda akan melewati perkampungan nelayan, sekaligus pintu masuk Pantai Cikembang.

Dikutip dari situs Traveloka.com, banyak peselancar pemula datang ke Pantai Cikembang untuk berlatih karena ombaknya yang bersahabat. Pantai di Sukabumi ini juga teduh karena dikelilingi banyak pohon rindang. Yang menjadikan pantai ini indah adalah adanya gua karang dan air laut berwarna biru jernih. Jika ingin menikmati hidangan laut dan kelapa segar, Anda bisa mendapatkannya di perkampungan nelayan.

5. Pantai Cimaja

Rekomendasi wisata pantai Sukabumi yang terakhir adalah Pantai Cimaja. Pantai ini cukup dekat dengan ibukota Jakarta dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar tiga jam perjalanan. Biaya masuk ke Pantai Cimaja hanya Rp 5.000 per orang.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen, karena sepanjang Pantai Cimaja, Anda akan menjumpai batu kali berukuran kecil dan menarik menjadi spot berfoto. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk berselancar, karena ombaknya cukup besar. Usai berwisata air, Anda bisa menikmati hidangan di warung sekitar pantai dan berbelanja di toko suvenir.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait