4 Cara Mengatasi Anosmia Secara Alami bagi Penderita Covid-19

Image title
15 Desember 2021, 11:52
Ilustrasi cara mengatasi anosmia secara alami
Pexels/Engin Akyurt
Ilustrasi cara mengatasi anosmia secara alami

Anosmia adalah salah satu gejala Covid-19 yang ditandai dengan kehilangan indra penciuman. Sebanyak 60% pasien mengalami anosmia dalam empat hari pertama gejala Covid-19, menurut studi dalam Journal of Laryngology & Otology.

Meski demikian, penelitian dalam Journal of Internal Medicine mengungkapkan, sebanyak 15% pasien Covid-19 mengalami anosmia selama lebih dari 60 hari dan kurang dari 5% mengalaminya selama lebih dari enam bulan.

Laporan Virginia Commonwealth University menemukan, penyintas yang berusia di bawah 40 tahun berpotensi lebih cepat pulih dari anosmia lebih dibandingkan orang berusia di atas 40 tahun.

Pemulihan anosmia juga lebih kecil kemungkinannya bagi mereka yang memiliki riwayat cedera kepala dan/atau mengalami sesak napas selama terkena Covid-19.

Cara Mengatasi Anosmia Secara Alami

Menurut publikasi Rumah Sakit Universitas Indonesia, cara terbaik untuk mengatasi anosmia adalah dengan melakukan latihan penciuman (olfactory training). Fungsi latihan ini adalah mencium bau yang sama berulang kali untuk melatih kembali kemampuan hidung dalam mengidentifikasi bau.

Berikut cara mengatasi anosmia secara alami:

  1. Siapkan beberapa bahan dengan aroma yang menyengat, seperti minyak kayu putih, lemon, cengkeh, bunga mawar, balsem beraroma, atau parfum.
  2. Hirup setiap aroma bergantian selama 20 detik, lakukan dua kali sehari.

Bau yang masuk ke hidung akan berikatan dengan protein yang mengikat bau, kemudian menjadi sinyal kimiawi yang diterima oleh reseptor saraf penciuman. Sinyal tersebut akan diteruskan oleh sel-sel saraf ke bagian otak untuk diterjemahkan sebagai bau wangi, amis, atau busuk.

Adapun bahan lain yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi anosmia adalah sebagai berikut.

1. Minyak Jarak 

Mengutip Healthline, Dr. Sandra El Hajj, seorang dokter naturopati, merekomendasikan minyak jarak untuk mengatasi anosmia. Minyak jarak mengandung komponen aktif bernama ricinoleic acid yang dapat membantu melawan infeksi. Kandungan tersebut juga mengurangi pembekakan saluran hidung dan peradangan yang disebabkan flu dan alergi.

Berikut cara menggunakan minyak jarak untuk anosmia:

  • Panaskan minyak jarak di atas kompor atau microwave. Pastikan hangat dan tidak terlalu panas.
  • Teteskan dua tetes minyak di setiap lubang hidung sebanyak dua kali sehari, yaitu satu kali saat bangun tidur dan sebelum tidur.

2. Mawar, Cengkeh, Minyak Kayu Putih dan Lemon

Profesor Thomas Hummel menerbitkan studi pada tahun 2009 dalam jurnal Laryngoscope menggunakan empat aroma mawar, cengkeh, kayu putih dan lemon untuk melatih indra penciuman.

Dia memilih wewangian ini karena baunya berbeda satu sama lain dan dapat dikenali oleh kebanyakan orang dalam penelitian ini. Empat bahan tersebut dapat merangsang dan memperkuat saraf di hidung yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi bau.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...