4 Teknik Dasar Bola Voli Ini Bisa Diterapkan Pemula

Image title
15 Desember 2021, 12:52
Pebola voli putri Jakarta Pertamina Energi, Odi (kanan) melakukan teknik dasar bola voli smash ke arah tim voli putri BNI 46 saat laga Proliga Bola Voli 2020 Seri Ketiga Putaran kedua di GOR UNY, Sleman, Yogyakarta, Jumat (13/3/2020). Tim putri Jakarta Pe
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Pebola voli putri Jakarta Pertamina Energi, Odi (kanan) melakukan teknik dasar bola voli smash ke arah tim voli putri BNI 46 saat laga Proliga Bola Voli 2020 Seri Ketiga Putaran kedua di GOR UNY, Sleman, Yogyakarta, Jumat (13/3/2020). Tim putri Jakarta Pertamina Energi berhasil mengalahkan tim putri BNI 46 dengan skor 3-2 (27-29, 25-17, 25-16,21-25, 15-9).

Salah satu permainan atau olahraga yang cukup populer di berbagai kalangan usia adalah bola voli. Untuk bisa memainkannya, Anda juga perlu mengetahui beberapa teknik dasar bola voli. Dengan begitu, Anda bisa merasakan serunya melakukan aktivitas olahraga satu ini. 

Permainan bola voli termasuk salah satu contoh cabang olahraga bola besar. Olahraga ini juga masuk ke dalam kategori pertandingan, karena melibatkan dua tim yang saling berhadapan untuk mendapatkan hasil pertandingan.

Tips dan trik dari permainan ini cukup mudah untuk dipelajari. Caranya, dengan memukul bola agar melewati bagian atas net yang ada di tengah lapangan. Agar mendapatkan skor, para pemain dalam satu tim harus mengarahkan bola ke area lawan, sehingga bola terjatuh di daerah pertahanan lawan.

Dalam sejarahnya, bola voli pertama kali dicetuskan oleh William G. Morgan, salah seorang guru pendidikan jasmani di Amerika Serikat. Dia sangat terinspirasi permainan bola basket. Hasil inspirasi tersebut dia dapatkan setelah bertemu dengan James Naismith yang merupakan pencetus olahraga bola basket.

Mulanya, olahraga bola voli ditujukan bagi para orang tua. Akan tetapi, Morgan harus menyesuaikan antara olahraga dengan kemampuan fisik para orang tua. Mengingat, gerakan dan strategi permainan bola voli cenderung tidak memungkinkan bagi orang tua, karena harus mengandalkan kekuatan fisik dalam waktu lama, salah satunya juga berlari.

Permainan ini diluncurkan dengan nama Mintonette. Seiring berkembangnya waktu, olahraga ini mulai dikenal dan banyak digemari banyak orang dari berbagai kalangan usia. Perubahan nama menjadi Volleyball (Bola Voli) terjadi pada 1896, bertepatan dengan diselenggarakannya pertandingan pertama Internasional Young Men’s Christian Association (YMCA) Training School.

Meskipun olahraga ini berasal dari Amerika Serikat, kehadiran olahraga bola voli di Indonesia justru berasal dari para pemain Belanda, tepatnya saat jaman penjajahan dulu. Permainan bola voli hanya dimainkan oleh kalangan terbatas, seperti para bangsawan dan orang-orang Belanda. Sehingga, olahraga ini belum begitu banyak dikenal.

Olahraga mulai membumi di kalangan masyarakat Indonesia secara luas, setelah para guru jasmani Belanda mengajarkan dan memperkenalkan olahraga tersebut. Selain itu, olahraga bola voli juga mulai dimainkan para serdadu Belanda di lapangan terbuka. Alhasil, permainan bola voli ini disaksikan oleh banyak orang, termasuk rakyat Indonesia.

Hingga kini, permainan bola voli Tanah Air berada di bawah kelolaan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), dengan kantor pusat berada di Jakarta. Kompetisi nasional bola voli dinamakan Kompetisi Proliga yang diselenggarakan setiap tahun.

Mengenal Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar bola voli dapat dipelajari oleh berbagai kalangan usia. Untuk bisa memainkan olahraga satu ini, terdapat empat teknik dasar bola voli, yakni servis, passing, blocking, dan smash, sebagai mana dikutip dari buku pendidikan karya Sumaryoto, yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...