Memahami Kolase, Jenis, Peralatan, Teknik dan Cara Membuatnya

Image title
15 Desember 2021, 15:13
Untuk melatih dan mengenalkan karya seni kolase pada murid, guru Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Hulu Sungai Utara mengajarkan murid kelas 1 membuat karya seni kolase dari bahan daun – daunan pada pembelajaran daring, Sa
kalsel.kemenag.go.id
Untuk melatih dan mengenalkan karya seni kolase pada murid, guru Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Hulu Sungai Utara mengajarkan murid kelas 1 membuat karya seni kolase dari bahan daun – daunan pada pembelajaran daring, Sabtu (30/01/21).

Karya seni merupakan sarana untuk mengungkapkan ekspresi dalam berbagai bentuk. Misalnya, seni musik dan seni rupa. Salah satu karya seni rupa adalah kolase.

Kolase adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menempelkan benda-benda pada permukaan gambar. Benda-benda yang ditempelkan bisa berupa kertas, kerikil, biji-bijian, kayu, kain, dan sebagainya.

Seluruh bahan direkatkan pada suatu bidang sehingga menyatu menjadi karya utuh yang memiliki nilai estetika. Secara bahasa, kata kolase dalam bahasa Inggris disebut “collage” berasal dari kata “coller” dalam bahasa Prancis yang berarti “merekat”.

Jenis-jenis Kolase

Berdasarkan Buku Ajar Metode Perkembangan Fisik Anak Usia Dini, kolase dibagi menurut segi fungsi, dimensi, corak, dan material. Jenis kolase dibagi menjadi empat, yaitu:

1. Menurut Fungsi

Dari segi fungsi, ada dua kategori kolase, yaitu seni murni (fine art) dan seni pakai atau terapan (applied art).

  • Seni murni: Suatu karya yang dibuat hanya untuk memenuhi kebutuhan artistik. Karya seni murni diciptakan untuk mengekspresikan keindahan semata.
  • Seni pakai: Karya seni rupa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan praktis. Penciptaan karya seni pakai lebih menampilkan komposisi dan manfaatnya. Unsur artistik hanya bersifat dekoratif.

2. Menurut Dimensi

Berdasarkan dimensi, jenis kolase dibagi dua, yaitu kolase pada permukaan bidang dua dimensi (dwimatra) dan kolase pada permukaan bidang tiga dimensi (trimatra).

3. Menurut Corak

Kolase dibagi menjadi dua jenis menurut corak, yaitu representatif dan non representatif.

  • Representatif, yaitu menggambarkan wujud nyata yang bentuknya masih dikenali.
  • Non Representatif, yaitu dibuat tanpa menampilkan bentuk yang nyata,bersifat abstrak, dan hanya menampilkan unsur visual yang indah.

4. Menurut Material

Bahan apapun dapat digunakan dalam pembuatan kolase. Agar menarik, bahan tersebut ditata dengan komposisi tertentu. Permukaan yang digunakan untuk membuat kolase dapat berupa kayu, plastik, kertas, kaca, keramik, gerabah, karton dan sebagainya.

Secara umum, bahan baku kolase dikelompokkan menjadi dua, yaitu bahan alam dan buatan.

Bahan alam contohnya daun, ranting, bunga kering, kerang, biji-bijian, kulit, batu dan sebagainya. Sedangkan bahan buatan terdiri dari plastik, serat sintesis, logam, kertas, tutup botol, bungkus permen dan sebagainya.

Gambar kolase karya siswa MIN 2 Kulon Progo
Gambar kolase karya siswa MIN 2 Kulon Progo (Diy.kemenag.go.id)

Peralatan dan Teknik Kolase

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kolase adalah:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...