8 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Image title
3 Januari 2022, 09:03
Ilustrasi daun kelor dan bubuknya. Manfaat daun kelor termasuk mengatasi diare hingga menutrisi kulit dan rambut.
Pixabay/Ninetechno
Ilustrasi daun kelor dan bubuknya

Daun kelor berasal dari tanaman kelor (Moringa oleifera) dan merupakan tanaman asli India utara yang juga dapat tumbuh di tempat tropis dan subtropis lainnya, seperti Afrika dan Asia, termasuk Indonesia.

Menurut Badan Litbang Pertanian, tanaman kelor memiliki ketinggian sekitar tujuh hingga 11 meter dan tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh di semua jenis tanah serta tahan terhadap musim kering dengan toleransi terhadap kekeringan mencapai enam bulan.

Advertisement

Manfaat tanaman kelor dapat ditemukan pada seluruh bagian tanaman, mulai dari daun, batang, akar maupun biji. Oleh karena kelor disebut juga Miracle Tree dan Mother’s Best Friend. Diantara bagian-bagian tersebut, daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi kesehatan.

Di beberapa wilayah di Indonesia, terutama pada bagian timur, daun keluar dikonsumsi sebagai salah satu menu sayuran. Manfaat daun kelor beragam, mulai dari mengatasi diabetes, anemia, hingga masalah diare.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, daun kelor dapat dikonsumsi dalam berbagai sajian, antara lain sebagai bahan sayuran, suplemen (kapsul, tablet, minyak), dan dalam bentuk serbuk.

Selengkapnya, berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara mengolahnya.

1. Mengatasi diare

Manfaat daun kelor dapat mengatasi diare. Hasil penelitian oleh Lakshminarayana dkk. dalam International Journal of Phytomedicine Volume 3 menunjukkan, kandungan tannin and flavonoid dalam daun kelor berfungsi untuk mengobati diare.

2. Mencegah diabetes

Daun kelor dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bermanfaat untuk mencegah diabetes. Menurut studi dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, partisipan penderita diabetes yang mengonsumsi 50 gram bubuk daun kelor mengalami penurunan gula darah sebesar 21%.

Daun kelor mengandung asam klorogenat (chlorogenic acid) yang menstabilkan kadar gula darah. Asam klorogenat yang ditemukan pada daun kelor dapat membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik dan dapat memperbaiki cara tubuh melepaskan insulin.

3. Menurunkan kolesterol

Konsumsi daun kelor bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology mengungkapkan, daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mencegah anemia

Selanjutnya, manfaat daun kelor dapat digunakan untuk mencegah anemia karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah yang sehat.

Menurut penelitian dalam Pakistan Journal of Nutrition Volume 3, daun kelor mengandung zat besi lebih tinggi daripada sayuran lainnya yaitu sebesar 17,2 mg per 100 g. Mengonsumsi daun kelor secara teratur dapat memenuhi kebutuhan zat besi sehingga mencegah anemia.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement