10 Negara Terluas di Amerika Selatan, Brasil Posisi Pertama

Image title
16 Agustus 2022, 09:27
Ilustrasi, globe yang menampilkan benua Amerika Selatan. Brasil adalah negara terluas di Amerika Selatan dengan luas wilayah sebesar 8.515.767 kilometer persegi. Brasil dibagi menjadi 26 negara bagian dan dan satu distrik federal, letak Ibu Kota Brasilia.
Unsplash/Isabela Kronemberger
Ilustrasi, globe yang menampilkan benua Amerika Selatan

Amerika Selatan merupakan benua yang terletak sebagian di belahan bumi barat dan sebagian besar di belahan bumi selatan. Benua ini berbatasan di barat dengan Samudra Pasifik, di utara dan timur dengan Samudra Atlantik, dan di barat laut dengan Amerika Utara dan Laut Karibia.

Secara politik, Amerika Selatan dibagi menjadi 12 negara merdeka, yaitu Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Kolombia, Ekuador, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, dan Venezuela, serta Guyana Prancis yang termasuk wilayah Prancis.

Berdasarkan data Statista, berikut 10 negara terluas di Amerika Selatan.

1. Brasil

Brasil adalah negara terluas di Amerika Selatan dengan luas wilayah sebesar 8.515.767 kilometer persegi. Brasil dibagi menjadi 27 unit federatif, yaitu 26 negara bagian dan satu distrik federal, tempat Ibu Kota Brasilia. Kota terpadat di Brasil adalah Sao Paulo dengan populasi melebihi 10 juta orang.

Area negara Brasil sangat bervariasi. Negara ini terkenal dengan hutan lebatnya di sebelah utara, termasuk Amazon, hutan terbesar di dunia. Tetapi, ada juga padang rumput kering yang disebut pampas, perbukitan terjal, hutan pinus, lahan basah yang luas, dataran tinggi yang luas, dan dataran pantai yang panjang.

2. Argentina

Argentina merupakan negara terluas kedua di Amerika Selatan dengan luas wilayah sebesar 2.780.400 kilometer persegi. Argentina terbagi menjadi 23 provinsi dan satu kota otonom, Buenos Aires yang menjadi ibu kota federal sekaligus kota terpadat di Argentina dengan populasi sekitar 15,3 juta orang.

Wilayah Argentina mencakup dataran luas, gurun, tundra, hutan, pegunungan, sungai, dan ribuan mil garis pantai laut. Argentina juga mengklaim sebagian Antartika, serta beberapa pulau di Atlantik Selatan, termasuk Kepulauan Falkland yang dikuasai Inggris (Islas Malvinas).

3. Peru

Menempati posisi ketiga, Peru memiliki luas wilayah sebesar 1.285.216 kilometer persegi. Peru adalah republik demokratis perwakilan yang dibagi menjadi 25 wilayah dengan Kota Lima sebagai ibu kotanya. Lima juga menjadi kota terpadat dengan populasi sekitar 11 juta jiwa.

Peru memiliki ekosistem yang luas, sejarah yang memukau, dan makanan yang menggiurkan. Di Provinsi Cusco terdapat cagar alam bersejarah Machu Picchu yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain itu, alam Peru terdiri dari gunung, pantai, gurun dan hutan hujan.

4. Kolombia

Kolombia menempati posisi keempat negara terluas di Amerika Selatan dengan luas wilayah sebesar 1.141.748 kilometer persegi. Kolombia dibagi menjadi 32 departemen kemudian dibagi menjadi kotamadya, meskipun beberapa kota menjadi distrik khusus. Namun, ada juga provinsi, yaitu istilah generik untuk provinsi, kabupaten, wilayah dan subregional.

Bogota adalah Ibu Kota Kolombia sekaligus kota terpadat dengan populasi lebih dari 7 juta orang. Lanskap Kolombia cukup ekstrem dengan wilayah Pegunungan Andes berada di tengah negara. Pantai tropis berjajar di bagian utara dan barat. Ada pula gurun di utara dan padang rumput luas yang disebut Los Llanos di timur.

5. Bolivia

Menempati area seluas 1.098.581 kilometer persegi, Bolivia menjadi negara terbesar kelima di Amerika Selatan. Bolivia dibagi menjadi sembilan departemen (negara bagian). Negara bagian dibagi menjadi 112 provinsi dan provinsi dibagi menjadi 337 kotamadya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...