Mengenal Cara Mengelompokkan Data di Excel pada PivotTable

Annisa Fianni Sisma
18 November 2022, 11:22
CARA MENGELOMPOKKAN DATA DI EXCEL
microsoft.com
Ilustrasi Pengguna Excel

Cara mengelompokkan data di Excel dapat diterapkan dengan mudah. Pada umumnya, cara ini diterapkan dalam PivotTable.

PivotTable merupakan alat untuk menghitung, meringkas, menganalisis data. PivotTable membantu pengguna melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data dengan mudah dan cepat.

PivotTable dapat bekerja dengan cara yang berbeda. Hal ini tergantung pada platform yang digunakan oleh pengguna dalam menjalankan Excel. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara mengelompokkan data di Excel dalam PivotTable.

Penggunaan Excel dengan data yang banyak dan belum dikelompokkan, maka akan sulit untuk memahaminya. Data yang sulit dipahami justru tidak akan bermanfaat sama sekali.

Jika data dapat dipahami lebih mudah dan cepat, maka pengambilan keputusan pun lebih sesuai. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui cara mengelompokkan data di Excel.

Excel adalah aplikasi yang digunakan untuk menyediakan puluhan, hingga ratusan data yang diperlukan pengguna. Excel juga memiliki fitur dan rumus yang dapat diterapkan untuk mempermudah pengolahan data sehingga menghasilkan informasi yang akurat.

Excel kerap digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan maupun perusahaan dagang kecil. Pekerjaan yang membutuhkan Excel seperti admin gudang, admin stock opname, administrator umum, analis data, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, Excel juga dibutuhkan oleh pihak yang baru saja membuka usaha dagang. Pasalnya, pencatatan yang dilakukan dengan Excel akan lebih akurat dan muadh terlebih dengan beragam fitur yang disediakannya.

Perihal pengelompokkan data, jika pengguna ingin mengelompokkan data di Excel, maka cara yang digunakan yakni sebagai berikut. Pengguna yang mengelompokkan data dalam PivotTable, akan lebih membantu pengguna memperlihatkan subset data yang akan dianalisis.

Contohnya, jika pengguna ingin mengelompokkan data berdasarkan tanggal dan waktu daftar yang tidak rumit dalam PivotTable ke dalam kuartal dan bulan, caranya pun mudah. Berikut ini cara mengelompokkan data di Excel bagi pengguna Windows maupun Mac agar dapat lebih sesuai.

1. Cara Mengelompokkan Data di Excel bagi Pengguna Windows

Cara mengelompokkan data di Excel dapat memiliki berbagai tujuan. Berkaitan dengan hal itu, berikut ini penjelasan cara mengelompokkan data secara umum, hanya item tertentu, menurut tanggal dan waktu, dan lain sebagainya:

a. Mengelompokkan Data Secara Umum

Pada PivotTable, klik kanan salah satu nilai dan pilih Kelompokkan. Kemudian pada kotak Pengelompokkan, centang kotak Mulai pada dan Berakhir pada kemudian edit nilainya. Selanjutnya pada Menurut, pilih periode waktu. Untuk bidang numerik, masukkan angk ayang menentukan interval setiap grup dan pilih OK.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement