Cara Menghitung Laju Inflasi dan Penjelasan Lengkapnya

Ghina Aulia
21 November 2022, 19:52
Cara menghitung laju inflasi
pexels
Ilustrasi uang

Istilah inflasi bukan merupakan istilah yang asing ketika membahas ekonomi. Namun, tahukah Anda apa arti kata inflasi yang sebenarnya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inflasi adalah kemerosotan nilai ulang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang.

Hal serupa juga dimuat pada situs resmi Bank Indonesia. Inflasi merupakan keadaan ketika harga barang dan jasa naik secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Inflasi biasanya menyebabkan polusi siklus ekonomi serta penurunan nilai mata uang.

Kenaikan harga barang dan jasa akan berlangsung secara terus menerus dan dalam kurun waktu yang lama. Inflasi akan berpengaruh terhadap suku bunga dan peredaran uang kertas. Namun yang paling terdampak adalah angka supply dan demand antara produsen dan konsumen.

Inflasi Menurut Ahli

Ibrahim dalam bukunya berjudul Pengantar Ekonomi Makro Edisi Revisi, menjelaskan bahwa inflasi merupakan fenomena moneter. Adapun yang akan terjadi adalah penurunan nilai unit perhitungan moneter terhadap suatu komoditas.

Lebih lanjut, Ebert dan Griffin dalam bukunya yang berjudul Pengantar Bisnis juga turut berpendapat. Menurutnya, inflasi merupakan kondisi dimana jumlah barang beredar lebih sedikit dari jumlah permintaan dan menyebabkan terjadinya kenaikan harga secara menyeluruh di sistem perekonomian.

Inflasi dapat membuat perekonomian suatu negara memburuk secara menyeluruh. Perlu diwaspadai karena ekonomi juga dapat mengguncang sektor lainnya. Salah satunya adalah politik.

Kali ini, kami juga membahas tentang cara menghitung laju inflasi. Namun perlu diketahui bahwa penghitungan inflasi ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang disambungkan ke metadata SEKI-IHK, yaitu Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia-Indeks Harga Konsumen.

Cara Menghitung Laju Inflasi

Dilansir dari situs Ruang Guru, berikut ini adalah rumus sebagai cara menghitung laju inflasi:

RUMUS INFLASI DAN DEFLASI
RUMUS INFLASI DAN DEFLASI (Ruang Guru)

Keterangan:
IHKn = Indeks Harga Konsumen di periode n
IHKn-1 = Indeks Harga Konsumen di periode n-1

Cara Menghitung IHK

RUMUS IHK
RUMUS IHK (Sirusa BPS)


Tak hanya itu, sebelumnya juga sempat disinggung mengenai Indeks Harga Konsumen (IHK) yang terkait dengan berbagai hal. IHK merupakan indeks yang menghitung perubahan harga dalam suatu periode. Dilansir dari situs Sirusa BPS, terdapat beberapa jenis barang dan jasa yang tercakup di dalamnya, yaitu:
1. Bahan makanan
2. Makanan jadi, minuman dan tembakau
3. Perumahan
4. Sandang
5. Kesehatan
6. Pendidikan dan olahraga
7. Transportasi dan komunikasi.

Perlu diketahui bahwa IHK berguna untuk mengetahui perubahan harga barang dan jasa yang umum dikonsumsi. Dari IHK, kita dapat mengetahui tingkat inflasi atau deflasi dari waktu ke waktu. IHK juga memiliki fungsi sebagai indikator indeksasi-indeksasi lainnya.

Faktor yang Memengaruhi Inflasi

Inflasi tidak terjadi begitu saja. Biasanya terjadi karena ada tekanan dari ketersediaan dan permintaan barang dan jasa. Selain juga bisa dikarenakan target inflasi. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement